Pancasila, Santri dan Pemuda = PMII

52

Bandung – bulan Oktober adalah bulan Kebulatan Tekad untuk menjadi sebuah Bangsa yang Merdeka, merdeka dalam Pemikiran, merdeka dalam menentukan tujuan, merdeka dari ketakutan dan penindasan.

Kebulatan tekad itu setidaknya terlihat dari tiga momentum besar dalam sejarah Indonesia yang saling berkaitan antara satu dengan yang lain, yakni:
1. Hari Kesaktian Pancasila pada tanggal 1 Oktober.
2. Hari Santri Nasional pada tanggal 22 Oktober.
3. Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober.

Dari tiga momentum tersebut, setidaknya ada tiga kunci utama yang melatarbelakangi Indonesia merdeka dan tumbuh berkembang sebagai satu bangsa dan negara, yakni Pancasila, Santri dan Pemuda.

Pancasia sebagai sebuah Falsafah dan Idiologi, merupakan salah satu pemikiran dan sikap yang tumbuh dan berkembang didalam budaya dan tata sosial masyarakat Indonesia, kemudian menjadi salah satu pilihan baku dalam prinsip berbangsa dan bernegara.

Santri adalah salah satu eksponen bangsa yang sikap dan tindakannya tumbuh dari semangat Keagamaan dan arti kehidupan. Santri dikenal dalam sejarah Indonesia sebagai Kelompok yang memotori perjuangan mempertahankan Komitmen Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, melalui resolusi Jihad Hadratus Syeikh KH. Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 Oktober 1945, yang kemudian memprakarsai Perlawanan Rakyat 10 November 1945.

Pemuda dalam sejarah bangsa Indonesia dikenal sebagai penggagas Persatuan melalui Sumpahnya 28 Oktober 1928. Sumpah yang mendorong setiap elemen terjajah memiliki harapan masa depan sebagai satu bangsa yang merdeka dan berdaulat atas tumpah darahnya.

PMII adalah Pesantren bagi seluruh Mahasiswa, generasi muda harapan masa depan Indonesia. Sebagai seorang santri, PMII memegang teguh komitmen Kemerdekaan yang didasari kesadaran keagamaan yang kuat.

Sebagai generasi muda, PMII menjunjung tinggi Persatuan dan Kesatuan Nasional sebagai sebuah bangsa yang merdeka, sebagai negara yang berdaulat.

Disinilah mengapa PMII merasa bertanggungjawab untuk menjadi perekat Persatuan ditengah-tengah keragaman yang ada, dan menjadi generasi penerus Perjuangan cita-cita Indonesia Merdeka – Berdaulat sebagai sebuah Bangsa dan Negara yang berdasarkan Pancasila.

Selamat Hari Kesaktian Pancasila
Selamat Hari Santri Nasional
Selamat Hari Sumpah Pemuda

“Bersama Santri, Damailah Negeri”
“Bersama PMII, Mari Mengabdi”

Salam Pergerakan…!!!

[Fachrurizal]

comments