PAC ANSOR Pangenan Gelar Kajian Dwi Mingguan

PAC ANSOR Pangenan Gelar Kajian Dwi Mingguan

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Pangenan gelar kajian dwi mingguan bertempat di ranting GP ANSOR Desa Rawaurip, Senin (31/8/20).

Kajian ini merupakan program dari departemen kaderisasi PAC GP Ansor Pangenan. Kordinator kaderisasi Yazidul Ulum mengungkapkan, “kami menggelar kajian rutin setiap dua minggu sekali dengan harapan menambah pengetahuan dan wawasan. Topik dan pembicara tiap pertemuan berbeda, semoga bisa bermanfaat dan istikamah.”

Dosen muda IAIN Syekh Nurjati Cirebon ini menambahkan, “untuk pertemuan kali ini diisi langsung oleh ketua PAC dengan topik kesalehan sosial. Sebelum kajian, kami memulai agenda ini dengan pembacaan ratib al-kubra. Kebetulan selain ratib tersebut terlampir di PO (peraturan organisasi) hasil Muspimnas 2012 (musyawarah pimpinan nasional) GP Ansor, juga banyak anggota yang telah mendapat ijazah.”

Sementara itu, Khasanuddin selaku pembicara dan ketua PAC Pangenan menyampaikan apresiasi karena jantung organisasi adalah kaderisasi.

“Kaderisasi itu ada yang formal, informal, dan non formal. Nah, khusus di Ansor Banser, semuanya itu bisa bermuara pada kesalehan sosial. Setidaknya kesalehan sosial memiliki sepuluh aspek, yakni sikap memberi, peduli, menghargai perbedaan nilai-nilai kehidupan, tidak memaksakan nilai, tidak menghina atau merusak nilai yang berbeda, keterlibatan dalam demokrasi, keterlibatan dalam perbaikan kinerja pemerintahan, pencegahan kekerasan fisik, budaya, dan struktur, konservasi lingkungan, dan restorasi lingkungan,” imbuhnya.

“Semoga kader-kader Ansor dan Banser bisa mengimplementasikan kesalehan sosial di tiap tempat,” pungkas pria yang juga pengusaha katering dan ayam geprek ini.

Agenda yang dihadiri puluhan kader Ansor dan Banser se- Kecamatan Pangenan tersebut dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya, mars Ansor dan Banser, kemudian ditutup dengan doa.

Khumaedi NZ

comments