PAC Ansor Kawalu Laksanakan Penguatan Keaswajaan

136

Tasikmalaya, AnsorJabar Online-PAC GP Ansor Kec. Kawalu, Minggu (19/2) menggelar Pendidikan Penguatan Pemahaman Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) di Yayasan Al-Ma’rufi Cibeuti Kota Tasikmalaya.

Kegiatan ini diikuti oleh 50 Kiai Muda NU perwakilan tiap Kecamatan se-Kota Tasikmalaya. Selama kegiatan mereka mendapatkan materi dari Direktur Aswaja Center Tasikmalaya Yayan Bunyamin, S.Th.I. yang juga merupakan pimpinan Pesantren Rahmat Semesta

Ketua ketua PAC Ansor Kawalu selaku ketua pelaksana Enceng Fuad Syukron, M.Pd.I. mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk membentengi gencarna paham atau aliran penyesatan yang mudah sekali membidahkan atau mengkafirkan, termasuk beredarnya pemberitaan hoax.

“Pendidikan penguatan keaswajaan merupakan salah satu upaya yang kami lakukan untuk mengantisipasi beredarnya paham-paham di luar Aswaja an-Nahdliyyah dengan cara membentengi kader-kader Ansor dan para kiai muda NU, termasuk dalam menyikapi pemberitaan bohong atau fitnah yang disebar lewat media sosial. Tentu perlu adanya penguatan pemahaman aqidah Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja),” Ujar Kepala sekolah SMK Al Ma’rufi ini.

Menurut Enceng, memperkuat Aswaja merupakan langkah efektif saat ini yang harus dilakukan, dan kemungkaran tidak harus diselesaikan dengan hal yang sama.

“Para pendiri NU sudah banyak mengajarkan kita bagaimana menghadapi paham yang bersebrangan dengen NU, kita tinggal penguatan ke dalam dan action ke luar dengan mauidoh hasanah, kemungkaran semisal fitnah dan hoax tidak bisa dilawan dengan fitnah dan hoax lagi” Enceng menambahkan Diharapkan acara penguatan ini bisa menghasilkan kader dan Kiai Muda NU yang siap terjun menangkal paham-paham penyesatan yang merusak ketentraman dan persatuan.

“Kita berharap kegiatan seperti ini dapat melahirkan kader, Ajengan atau Kiai Muda NU yang militan, siap terjun mengayomi masyarakat dan memberikan pemahaman tentang pentingnya penanaman idiologi Aswaja an-Nahdliyyah, sehingga tradisi keagamaan yang selama ini ada di masyarakat dapat terjaga.” pungkasnya.

Sebelumnya, acara Penguatan Keaswajaan an-Nahdliyyah seperti ini di Kota Tasik telah dilaksanakan oleh GP Ansor Tasik di Ponpes Riyadul Ulum Wadda’wah Condong dan di Yayasan Pendidikan Islam al-Hikmah Tamansari.

Saat berita ini diturunkan, acara break Shalat Dhuhur terlebih dahulu dan rencananya acara akan dilaksanakan sampe sore. (CP)

Comments

comments