PAC Ansor Cicalengka Gelar Ziarah Bersama

61

Masih dalam semarak hari lahir NU, PAC GP Ansor Cicalengka, beserta Rijalul Ansor dan Banser Mengadakan Tour Ziarah ke beberapa maqom ulama2 NU yang ada di Wilayah Cicalengka dan sekitarnya. Kamis (6/2)

Kegiatan ziarah diawali dengan berkumpul di Pondok Pesantren Al-Hidayah (Santiong) Cicalengka, setelah masa berkumpul, kegiatan Ziarah pun segera dilaksanakan dengan kunjungan pertama ke maqbarah K.H Syuhrowardi atau lebih di kenal dengan Ajengan/mama emed santiong (Pendiri Pondok Pesantren Al-Hidayah Santiong) yang sanad ke ilmuan nya sampai ke Rasululloh saw dan juga Santri syeikh kholil bangkalan dan Hadratusyaikh K.H Hasyim Asy’ari. Selanjutnya dari maqbarah K.H Suhrowardi (yang sering dikenal dengan Mama Santiong/ ajengan emed Sugro Putra dari K.H Ahmad Mansur sebagai pelopor penyebaran agama islam di desa tersebut dan generasi Pertama Pondok Pesantren Al-Hidayah Santiong, selanjutnya masih di komplek maqbarah yang sama yakni K.H Umar Basri sebagai salah satu tokoh Ulama NU dan juga penggerak Gp Ansor taun 1966 yang ada di cicalengka umumnya di Kabupaten Bandung, dan terakhir Almarhum K.H Amas Mansur (Ceng Amas) yang juga pernah menjabat sebagai ketua Tanfidziyah PC NU Kabupaten Bandung 2005 -2015.
zirarah pun di pimpin langsung oleh Cucu mama santiong yaitu putra dari Almarhum K.H Amas Mansur yakni Ceng Fasa Sekaligus perwakilan dari Rijarul Ansor

Dalam agenda ziarah tersebut Ceng Fasa berpesan, bahwa dalam rangka ziarah kepada maqbarah tokoh ulama NU tersebut inii kita supaya bisa menumbuhkan 3 nilai, yakni silatul Ikhwaniyah (Sebagai sesama ikhwan NU) , silatul Islamiyah (Sebagai sesama Muslim), dan Silatul Wathaniyah (Sebagai Rakyat sebangsa dan setanah air).

Selajutnya, Tour Ziarah berlanjut ke maqbarah pangersa Raden Panji pangeran Argaloka yang sekarang di kenal dengan sembah dalem eyang pangudar di sinyalir dengan izin Alloh SWT bisa mengobati penyakit lahir dan bathin, maqom keramatnya ada di wilayah kp cinangka – kp sayang pojok kecamatan Cikancung, sebagai salah satu tokoh ulama yang di akui oleh masyarakat setempat sebagi ulama yang menyebarkan agama islam di tiga wilayah yaitu nagreg, cicalengka dan cikancung, ketika masa penjajahan. dan sebagai tokoh ulama yang sama sama berjuang untuk kemerdekaan negara republik Indonesia. Ziarah ini pun di pimpin oleh salah satu anggota dewan penasehat yaitu Ust. Deni Handayani, S.Pd

Alhamdulillah, Kegiatan ini pun berjalan dengan lancar dan khidmat, Sahabat Ust Syaepurrohman, S.Pd.I pimpinan ponpes Al-Halim Cikuya yg sekaligus pengurus Rijalul Ansor Cicalengka turut hadir dan berharap. “Agenda ini harus bisa menjadi rutinan minimal 1 bulan sekali, dalam rangka sebagai wadah silaturahim kader juga upaya tafakur kita kepada perjuangan ulama-ulama zama dahulu dalam semangat menyebarkan agama islam dan memperjuangkan bangsa dan negara ini” Ungkapnya.

(Moch Gani Asyauqi, S.Pd)

comments