Ngabuburit Unik dan Prorduktif, Biar Nongkrong tapi Tetap Bermanfaat

68

Garut, (ansorjabar online)
Bulan Ramadlan di Indonesia identik dengan berbagai aktifitas yang khas, salah satunya adalah ngabuburit. Ngabuburit adalah aktifitas yang tidak terpisahkan dari bulan Ramadlan. Dalam ngabuburit biasanya diisi dengan jalan-jalan sore atau hanya sekedar nongkrorng bercengkrama dengan teman juga sanak saudara atau adapula yang menghabiskan ngabuburitnya dengan berbelanja takheran kalu jalanan, taman atau pusat perbelanjaan menjadi semakin ramai.

Pada bulan Ramadlan kali ini Komunitas Sahabat Membaca Bintang Sembilan atau disingkat SAMABISA menawarkan cara yang lain untuk menunggu waktu berbuka. Yaitu dengan cara nongkrorng membaca buku dan berdiskusi dalam menunggu waktu berbuka.

Komunitas Sahabat Membaca Bintang Sembilan adalah sekelompok mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi yang ada di kabupaten Garut yang peduli akan semangat literasi yang kembali harurs dimunculkan. Mahasiswa yang sadar akan pentingnya membaca untuk menjamin keberlangsungan dan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa serta mengupayakan kesejahteran terhadap seluruh warga negara. Upaya pembangunan dan pemberdayaan sejatinya memang harus didahului denga membangun manusia dan mencerdaskan manusia, salah satu upayanya adalah dengan menghidupkan kembali budaya membaca.

Setiap hari dari pukul 14.00 sampai dengan menjelang berbuka puasa Komunitas SAMABISA menjajalkan buku dan mengajak warga masyarakat sekitar Komplek Pemda Garut atau pengguna jalan yang hanya sekedar ngbuburirt di Pemda untuk bergabung dengan Komunitas SAMABISA dalam rangka ngabuburit dengan cara yang unik. Tepatnya didepan Kantor Badan Kepegawaian Daerah kabupaten Garut.

Harapannya adalah agar warga masyarakat tetap dapat produktif melaksanakan hal-hal yang positif ketika bulan Ramadlan sehingga lebih menyempurnakan ibadah puasanya. Selain itu juga dalam rangka menumbuhkan minat baca masyarakat dan ikut serta dalam mensukseskan program pemerintah yaitu gerakan literasi.

Pengunjung dalam kegiatan inipun beragam dari berbagai elemen. Ada darir elemen mahasiswa, pelajar, anak-anak semua lapisan golongan memang diperbolehkan untuk bergabung bersaman dalam kegiatan ngabuburit positif, Ngabuburit masa kini nongkrong yang bermanfaat.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
122

Comments

comments