Merawat Tradisi; Ponpes Al-Hasani Gelar Ziarah Bersama Ke Makam Para Sesepuh Pasca Idul Fitri

Banyuresmi. Dua hari pasca hari raya Idul Fitri, Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Hasani mengadakan kegiatan ziarah bersama masyarakat kampung jati ke makam para sesepuh yang berada di Kompleks ponpes Nurudhdholam Cisalam, Desa Dangdeur, Banyuresmi, Selasa (03/05/22).

Acara yang dimulai ba’da Isya tersebut, dipimpin langsung oleh Kh. Kholiludin, sesepuh ponpes Al-Hasani Jati.

Kegiatan tersebut dimulai dari tahun 2016, pasca wafatnya pendiri ponpes Nurudhdholam, K. A. Sobana (Abah Cisalam), menjadi salah satu tradisi yang akan terus dipertahankan sampai kapanpun, hal tersebut diungkapkan oleh sesepuh Ponpes Al-Hasani, disela-disela kegiatan.

‚Äúdisamping untuk manapak tilasi perjuangan para sesepuh, ini juga sebagai simbol kecintaan kita terhadap para ulama, dan ini harus tetap dijaga agar generasi muda selalu ingat dan selalu bisa berusaha untuk meneruskan langkah perjuangannya”. Ungkap sesepuh ponpes

Beliau bersyukur kegiatan itu selalu disambut baik masyarakat. Tidak sedikit masyarakat terus istiqomah untuk bergabung dengan santri dalam melaksanakan ziarah bersama.

K.A Sobana atau yang disebut Abah Cisalam merupakan salah satu tokoh yang mendirikan lembaga pendidikan pesantren tertua di daerah Kecamatan Banyuresmi .

Dalam sejarahnya abah cisalam, seperti yang disampaikan pimpinan ponpes Al-Hasani, A. Dindin S, secara singkat Abah Cisalam memiliki peranan penting dalam menyebarluaskan pendidikan keagamaan, juga ikut aktip dalam memperjuangkan kemerdekaan indonesia.

Kegiatan ditutup dengan membaca tahlil dan shalawat waliyullah dengan seksama.

Pewarta: M. Y. A Sastradimadja