Merapat Bersama Kami di Talk Show Literasi

12

Merapat Bersama Kami di Talk Show Literasi

Ajakan untuk semua pelajar mahasiswa, umum serta seluruh lapisan masyarakat untuk ikut Bersama kami dalam kegiatan Talkshow Literasi dengan tema “Kontra Radikalisasi Melalui Literasi”. yang akan dilaksanakan pada 25 Januari 2020 dimulai dari 07.30 s.d 15.00 bertempat di Gedung KNPI Garut. Menghadirkan pembicaraan-pembicara nasional yaitu:
1. KH. Marzuki Wahid (Sekjen Lakpesdam PB. NU, Penliti, Penulis Buku, Akademisi)
2. Dr. Fauz Noor (Salah satu Fouder Semesta Istitut, Peneliti dari Wahid Foundation, Sastrawan, dan Penulis Buku)
3. M. Fahmi Saefuddin,Lc.,S.Hum (Aktivis Pluralisme dan Multikulturalisme, Pendamping Sekolah Damai Jawa Barat)
Special performance:
Musik Etnis Sunda Oleh Komunitas Adat Sunda Wiwitan Kp. Pasir Samarang Garut
Musikalisasi Puisi oleh Simata Kaca
Kegiatan ini merupakan kegiatan mempertanyakan ulang hakikat dasar radikalisme serta pendekatan-pendekatan yang dilakukan selama ini dan peran literasi menjadi jawaban alternative kontra radikalisasi tersebut.
Radiklaisasi adalah upaya-upaya untuk menyebarkan faham radikal. Upaya yang dilakukan dlam penyebaran hal tersebut dilakukan dalam berbagai lini tak terkecuali media dan literasi. Hubungan literasi dan radikalisasi amatnya sangat erat karena memang literasi adalah kegiatan membaca dan memahami bacaan. Sedang untuk media yang merupakan corong ideologi merupakan penyebaran yang efektif dan efesien untuk menaburkan benih-benihnya.
Menurut pihak kami (Media Pelajar NU Garut) upaya kontra radikalisasi ini tidak pernah melibatkan hal yang fundamental yaitu literasi. Mungkin kalua upaya media sudah dilakukan tapi tidak pernah menyentuh pada akar persoalan yaitu tentang pemahaman.
Untuk pendftaran peserta silahkan klik http://bit.ly/Talkshowliterasi
Ikuti pula lomba essay menjelang acara tersebut. Untuk pendaftaran peserta lomba Essay klik di http://bit.ly/registrasilombaessay
Info lebih lanjut hubungi (WA/Tlp) : 081220110031(Yusuf) & 085295349546 (Lilis)

comments