Menggapai Demensi Spritual, PMII Cabang Kab. Sukabumi Melaksanakan Rotiban Disela Kegiatan MAPABA Raya I

52

“Menggapai Demensi Spritual, PMII Cabang Kab. Sukabumi Melaksanakan Rotiban Disela Kegiatan MAPABA Raya I

Kegiatan MAPABA Raya I sedang berlangsung di sekretariat PMII Cabang Kab. Sukabumi yang dibuka siang tadi, Kamis, 12 Oktober 2017 Pukul 10.00 WIB, Rangkaian kegiatan yang akan berakhir besok pukul 17.00 hingga kini berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Peserta pada kegiatan itu berjumlah 14 orang (9 orang dari STISIP Widya Puri Mandiri, 1 orang dari STIMIK Pasim, 4 orang dari STAI Al-Masthuriyah) melibatkan diri penuh khidmat dan antusias. Hal ini terlihat dari situasi forum dimana, ketika menerima materi pertama, kedua dan ketiga disampaikan, tingkat responding peserta terhadap materi-materi MAPABA dan juga pada sesi dialog (Tanya-jawab) terjadi sangat aktif. Adapun materi yang sudah disampaikan ialah Ahlussunnah wal Jama’ah, Nilai Dasar Pergerakan (NDP) dan ke-PMII-an.
Disela kegiatan yang memasuki waktu shalat Magrib dengan berakhirnya materi ketiga (Ke-PMII-an), dilanjutkan dengan shalat berjama’ah dan melaksanakan tradisi rutinan malam Jum’at yakni Rotiban. PC PMII Kab. Sukabumi menyadari bahwasanya Rotiban merupakan salah satu pengajian (dzikir) dan amaliah warga Nahdiyin, Maka mau tidak mau PMII berkewajiban untuk merawat dan menjalankan oleh warga pergerakan demi menggapai dimensi spiritual yang sekarang mulai terkikis oleh pengaruh modernitas.
Acara Rotiban ini dihadiri oleh anggota dan kader PMII Komisariat STAI Al-Masthuriyah, PMII STISIP Widya Puri Mandiri, dan sebagaian anggota PMII Cabang Kab. Sukabumi lainnya dengan jumlah 71 orang. Turut hadir pula Sahabat Ahfas Fachrianto, Sahabat Muammarullah Umam, Sahabat Nurodin dan Sahabat Syamsuri sekaligus memberikan arahan dan masukan juga tidak ketinggalan “humor gerakan” pun meramaikan suasana dan mengesankan bagi para calon anggota baru yang sedang di-MAPABA-kan setelah kegiatan tersebut. Sedikit Bang Mumu memberikan “wawasan pergerakan bagaimana seharusnya menjadi kader PMII” sekaligus menegaskan bahwa MAPABA dan melaksanakan Rotiban merupakan bagian dari basis kualifikasi Anggota dan Kader dalam mempersiapkan kualitas dan kuantitas sehingga nantinya mampu survive dalam dinamika perubahan zaman. hal ini sangat dirasakan dilapangan dimana, Anggota dan Kader PMII yang telah melalui jenjang kaderisasi PMII terlihat gagap jika dihadapkan pada kenyataan jangan sampai ter-disoriented, Ucapnya.
Pembacaan Rotib al-Attas menurut Ade Opa Mustofa (Mantan ketua PC PMII Cabang 2016-2017) merupakan tradisi yang sudah biasa dilaksanakan di Base Camp PC PMII Kab. Sukabumi. Rotib ini di Ijazakan untuk di amalkan oleh setiap Anggota dan Kader PMII agar menjadi dorongan bagi spritualitas gerakan PMII. nada yang serupa diutarakan pula oleh Sahabat Riswandi (Ce wang) selaku ketua PC PMII Kab. Sukabumi, pembacaan rotib diharapkan dapat menjadi spirit dalam melakukan gerakan PMII baik secara dhahir maupun batin.
Selanjutnya, acara pun dilanjutkan kembali dengan komposisi materi yang disajikan untuk para peserta MAPABA.

Salam Pergerakan . . . !!!

akbar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
21

Comments

comments