Mencetak Paralegal Handal, PMII Kabupaten Bandung Gelar Sekolah Paralegal.

95

BANDUNG, (AnsorJabar Online),-
Dalam rangka menjawab tantangan dan sebagai upaya mencetak paralegal handal, Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia ( PMII) Kabupaten Bandung gelar Sekolah Paralegal.

Kegiatan yang berlangsung dari Jumat-Sabtu (17-18/2) di Gedung Dakwah Jalan Terusan Galunggung Nomor 9, Lingkar Selatan Lengkong, Bandung, diikuti oleh 60 peserta dari berbagai daerah diantaranya Bandung, Cirebon, Purwakarta, Cianjur dan kampus umum yang ada di Bandung.

PMII sebagai wadah organisasi kemahasiswaan intelektual yang siap menjawab dan menarik di atas tantangan zaman tentunya harus mempunyai bekal yang mempuni perihal apa-apa yang terjadi dikalangan masyarakat khusus nya perihal keadilan hukum yg pada konteks saat ini lebih tumpul ke atas dan tajam kebawah, karena membicarakan problematika hukum yg ada di masyarakat harus lah dibekali dengan pengetahuan-pengetahuan apa yg seharus nya dibutuhkan dimasyarakat itu sendiri.

Dalam sambutannya, Ketua Pelaksana Faisal berharap dengan di adakan nya sekolah paralegal ini bisa mengembalikan peran mahasiswa sebagai agent of change dan agent of control social yang mampu terjun dengan meriset dan menganalisis problem yg terjadi dikalangan masyarakat.

“Contoh kasus seperti agraria dan pkl, dengan di bekali sekolah paralegal ini, dengan melalui penyelesaian jalur non litigasi, kita khusus nya mahasiswa harus bisa menjadi garda terdepan mengadvokasi masyarakat dengan aturan hukum yg ada tentunya di mulai dari lingkungab yang terdekat yaitu kampus kita”. tandas Faisal.

Hal serupa juga di singgung oleh Ketua PC PMII Kabupaten Bandung Pengkuh Bina Moch. Firman ” Semoga dengan acara paralegal ini bukan hanya formalitas belaka, dan ada tindak lanjut selanjutnya dengan pelatihan paralegal 2, 3 dan peserta tetap istiqomah untuk mengikutinya, tidak keliru dalam membicarakan advokasi. pelatihan paralegal ini merupakan sebuah perangkat dalam advokasi seutuhnya terhadap masyarakat.” jelasnya.

Abdul Muis Misbah disela Kegiatan mengharaoakan kegiatan Fakultatif yang paksis bisa terus dilaksanakan serta bermanfaat, Apresiasi dari berbagai pihak sangat membantu kegiatan ini.

“kami mengapresiasi LBH ANSOR Jabar dan LBH KAI Jabar yang sudah memfasilitasi kegiatan ini” ungkap Ketua Rayon Syariah tersebut.

Direktur LBH KAI Jabar Aprian Setiawan menuturkan bahwa Indonesia sebagai negara hukum maka pemahaman akan realitas hukum adalah hak setiap warga negara khususnya Jawa Barat.

“Ini penting tidak hanya mahasiswa, seluruh warga harus mempunyai skill paralegal, karena negara kita negara hukum maka pemahaman terhadap hukum menjadi keharusan. Kita harus banyak mencetak agen paralegal yang menyebar ke masyrakat umum. Dan hari ini pioner nya mahasiswa. Dan semoga kegiatan ini bersemangat dan berdampak baik pada masyarakat, serta berkelanjutan.” tuturnya.

Sementara Sekretaris LBH Ansor Jabar Ahmad Jamaludin disela kegiatan menegaskan “Paralegal harus menjadi media untuk advokasi mahasiswa terhadap masyarakat dalam setiap persoalan hukum. mudah-mudahan paralegal ini bisa jadi media mendekatkan mahasiswa dan masyarakat.” tegasnya.

Kegiatan ini terselenggara Oleh PMII Rayon Syari’ah dan Hukum Komisariat UIN SGD Cab. Kabupaten Bandung atas kerjasama dengan LBH Ansor Jabar dan LBH KAI Jabar.(Rian)

Comments

comments