Mencari ridho alloh dengan berbakti terhadap orang tua

31

Mencari ridho alloh dengan berbakti terhadap orang tua

 

Alloh SWT sangat menganjurkan kita untuk menghormati dan berbakti kepada orang tua. Mereka yang tidak berbakti kepada orang tua cepat atau lambat akan menghadapi kesusahan dalam hidupnya. Begitu tingginya derajat orang tua sehingga menjadikan mereka sebagai sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan kita.
Susah senanggya kehidupan kita sangat dipengaruhi oleh factor bakti kita terhadap orang tua. Bagi seorang perempuan setelah menikah maka dia harus berbakti terhadap suaminya,tapi bagi laki-laki tidak. Seorang Laki-laki harus terus berbakti pada orang tua sampai ajal menjemput.
Sebagai seorang anak,kewajiban kita adalah memperlakukan orang tua dengan sebaik-baiknya. Menjaga hati dan perasaan orang tua adalah menjadi sesuatu yang harus diperjuangkan oleh seorang anak. Mereka dengan penuh kesabaran dan kasih saying membesarkan dan mendidik kita dengan harapan agar anaknya menjadi orang yang berguna bagi sesame,berguna bagi nusa dan bangsa dan terutama berguna bagi agama.
Ridhanya Alloh adalah Ridhanya orang tua, murkanya alloh adalah murkanya orang tua,sakitnya alloh adalah sakitnya orang tua. Seseorang yang beriman dan bertaqwa tetapi tidak menghormati dan berbakti pada orang tua,maka sesungguhnya mereka tidaklah sempurna keimanannya. Begitu mulianya kedudukan orang tua pada pandangan alloh,sehingga alloh selalu mengingatkan kita untuk selalu berbakti kepada orang tua.
Alloh SWT berfirman dalam surat an-nisa ayat 36 yang artinya “ Sembahlah Alloh dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan satupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak”.Rosululloh SAW mengatakan dalam hadits “” Maukah kalian aku beritahukan dosa yang paling besar ?,para sahabat menjawab “Tentu” Nabi bersabda (Yaitu) berbuat syirik dan durhaka kepada dua orang tua “ (HR.Bukhari)
Masih banyak ayat-ayat al-quran dan hadits-hadits yang menerangkan betapa pentingnya berbakti kepada orang tua. Mari kita perbaiki hidup ini dengan terus berbakti kepada orang tua dan jangan sekali-kali kita menyakiti hati orang tua kita. Mari kita cari ridho alloh lewat ridhonya orang tua
Afif Saefulmillah

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

Comments

comments