Mau Tahu Quotes Ketua PW Ansor Jabar? Ini Jawabannya Saat Dites Oleh Kang Maman

697

Bandung, (Ansorjabar Online)

Dalam rangka mengangkat peran dan Spirit Dakwah Ajengan, Kyai dan Ulama Sunda (Jawa Barat) dalam menyebarkan Islam ramah Nusantara di Tatar Pasundan, Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) bekerjasama dengan Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Jawa Barat mengadakan Lomba Desain Quotes Ajengan Sunda.

Lomba ini pertama kalinya diluncurkan pada pada saat acara Apel Kesetiaan Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Minggu (12/03/2017), di Lapangan Pondok Pesantren Al-Mizan, Jatiwangi, Majalengka.

“Sahabat Ansor Jawa Barat dan LDNU akan membikin acara sekaligus launching acara lomba desain pembuatan quote Ajengan Sunda”, kata KH.Maman Imanulhaq selepas Orasi Kebangsaan apel kesetiaan.

Dalam rangka launching, kang Maman mengujicobakan bentuk quotes kepada peserta apel dengan meminta kesediaan Ketua PW Ansor Jawa Barat Deni Ahmad Haidar untuk maju ke depan podium.

“Kang deni boleh di depan. Ini misalnya kalau Kang Deni ikut lomba, Kyai siapa yang akan diangkat beliau? tepuk tangan buat komandan kita”, ujar Kang Maman.

Setelah Sahabat Deni posisi di depan, dengan dialek Sunda kang Maman menanyakan quotes favorit pria yang juga Ketua KPU Purwakarta ini.

“Kira-kira upami bade ngiringan, kira-kira bade ulama saha sareung naon isi kata-katana?”, Tanya Kang Maman.

“Banyak, salah satunya adalah Kyai Mimar dari Garut. Quotenya begini: Sing Wanian, Sabab Jalma Wanian Moal Ngurangan Umur, Jalma Borangan Moal Nambahan Umur”, Jawab Sahabat Deni tanpa berpikir panjang.

Kurang lebih jika diterjemahkan bebas ke dalam bahasa Indonesia, quote favorit Ketua PW Ansor Jabar ini artinya Harus Berani, Sebab Orang Yang Berani Tidak Akan Mengurangi Usia, Orang Penakut Tidak Akan Membuat Bertambah Usia.

Jika sedikit diurai makna quotes (kutipan) Ketua PW Ansor dari KH.Mimar Hidayatulloh, Pimpinan Pesantren hidayatul Faizin Garut ini, nampak sebuah pesan ajaran yang cukup relevan untuk disandingkan kepada kaum muda. Tentang arti sebuah keberanian dalam sikap dan tindakan demi menjungjung kebenaran yang diyakini. Nilai daripada sebuah keberanian demi kebenaran adalah pilihan terpuji dan mulya dibanding menjadi seorang penakut. Pilihan menjadi seorang yang berani maupun penakut tidak memiliki pengaruh pada batas usia seseorang.

Gampang bukan ? Segera kirimkan desain quotes Ajengan dari daerahmu kepada panitia. Jangan lupa untuk dipasang foto ajengannya pada desain. Model quotesnya cukup dengan ringkas dan padat seperti jawaban Ketua PW Ansor Jabar di atas kepada Kang Maman. (edi).   .

 

 

Comments

comments