MATANGKAN PERSIAPAN PERKEMAHAN WIRAKARYA NASIONAL WAKIL REKTOR KEMAHASISWAAN PTKIN KUMPUL DI PEKANBARU

15

PEKANBARU, ansorjabar online- Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW PTK) Tingkat Nasional kembali akan digelar di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Mudir Hitami Rektor UIN Sultan Syarif Kasim berharap agar penyelenggaraan PW PTK XIV dipersiapkan sebaik mungkin.

“Hal-hal teknis dibahas secara detail dari mulai upacara pembukaan, kegiatan demi kegiatan hingga penutupan”. Harapan itu disampaikan pada pembukaan FGD Pematangan Teknis PW PTK XIV di Rumah Dinas Walikota Pekanbaru, Kamis (29/3).

Mudir Hitami mengatakan UIN Suska berterimakasih kepada Kementerian Agama RI menjadikan tuan rumah bagi Pramuka Tingkat Pandega dilingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan. “Kita harus sukseskan amanat ini menjadi kegiatan yang unggul, menarik, menyenangkan dan mendatangkan manfaat untuk banyak orang” katanya.

Baharudin Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemkot Pekanbaru mengatakan atas nama Plt. Walokota, kami berterimakasih atas kedatangan Wakil Rektor dan Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama di Kota Pekanbaru.

Baharudin berharap Perkemahan yang nanti akan digelar mampu menggerakan pembangunan di Kota Pekanbaru khususnya dalam merespon tantangan globalisasi dan masalah-masalah kebangsaan dan kemasyarakatan.

Ruchman Basori Kasi Kemahasiswaan Kementerian Agama mengatakan Provinsi Riau mempunyai keunggulan hazanah dan budaya Islam yang kuat. Tumbuh dari hasil dialektika antara budaya Melayu dengan Islam yang terpelihara.

Pada saat yag sama kita sedang mengalami problem kerusakan lingkungan, hutan dan munculnya kabut asap. Karenanya lanjut Ruchman, PW PTK kali ini akan mengangkat perhatian pada tiga hal penting yaitu Lingkungan Budaya dan Wisata “eco culture tourism”.

FGD Pematangan Teknis PW PTK diikuti oleh 57 Wakil Rektor/Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama PTKIN se-Indonesia, Dewan Pengawasan Penelitian dan Evaluasi (Waslitev) PW PTK, Dewan Kerja Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka, dan adik-adik Racana UIN Suska Riau.

Syamsul Rijal Ketua Forum Wakil Rektor/Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama PTKIN mengatakan Perkemahan Wirakarya Nasional ini penting dan strategis untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan dan pengalaman mahasiswa pada dunia kepramukaan.

“Kepedulian mahasiswa akan lingkungan budaya dan pariwisata harus ditumbuhkan sejak dini, agar antinya ketika jadi pemimpin bisa banyak berbuat untuk bangsanya”, tambah Wakil Rektor III UIN Ar Raniry ini.

Perkemahan Wirakarya Nasional PTK akan digelar pada tanggal 3-10 Mei 2018 di Bumi Perkemahan UIN Suska Riau dan Home Stay ditempatkan di lima perkampungan sebagai lahan bhakti pramuka. (Pipo)

comments