Marilah Berorganisasi

23

Marilah Berorganisasi part (2)

OlehAhmad Heri Kholilurrohman, M. Pd

Pada artikel terdahulu saya mengajak sahabat-sahabat semua untuk mari berorganisasi dengan berbagai alasan dan pertimbangan yang sudah dijelaskan. Kali ini saya akan menjawab pertanyaan terakhir saya pada artikel itu, yaitu bagaimana caranya berorganisasi.
Organisasi merupakan sebuah sistem kegiatan kerja sama yang dilakukan oleh dua orang ataupun lebih untuk melaksanakan suatu aktivitas yang didalamnya memerlukan komunikasi dengan pencapaian tujuan bersama. Saya menekankan peranan pada setiap anggotanya yang harus diberikan informasi dan motivasi dan sebagian anggota lainnya harus membuat keputusan. Karena kinerja organisasi itu sangat tergantung pada kinerja anggota yang ada di dalamnya. Seluruh pekerjaan dalam organisasi itu, para anggotalah yang menentukan keberhasilannya. Sehingga berbagai upaya meningkatkan produktivitas organisasi harus dimulai dari perbaikan produktivitas anggota.
Hal ini membuat sebuah organisasi menjadi sebuah mata rantai kerja sama yang secara kontinu dibangun bersama dari sisi komunikasi dan motivasi.
Lalu peran atau caranya bagaimana?
Peran serta kita dalam suatu organisasi adalah melaksanakan tugas dan kewajiban kita dengan didasari rasa ikhlas dan tanggung jawab sehingga menjadi amal ibadah kita di hadapan Yang Maha Kuasa. Sebagai anggota sebuah organisasi diperlukan komitmen dan dedikasi yang kuat terhadap organisasi yang diikutinya.
Lalu?
Dalam kehidupan kita berorganisasi dalam masyarakat, kampus, ataupun instansi lainnya kita harus mampu untuk memberikan gagasan-gagasan yang kreatif dan inovatif. Kreativitas sangat penting dalam menghadapi kehidupan berorganisasi. Kita akan mampu berkembang menjadi lebih baik jika kita mampu mengembangkan kreativitas kita dalam mengerjakan sesuatu. Meskipun tentunya kita terkadang tidak mampu mengeluarkan kreativitas kita ketika ada peraturan-peraturan tertentu di dalam organisasi yang terbilang kaku dan tidak diberikan kesempatan untuk berkreativitas atau berinovasi.
Iklim sebuah organisasi juga mempengaruhi terhadap kinerja dan hasil capaian atau visi organisasi itu. Iklim yang saya maksud di sini adalah suasana organisasi, hubungan antar anggota, aktifitas organisasi dalam sebuah kegiatan, dan kedisiplinan anggota dalam organisasi itu. Dari hasil penelitian yang saya lakukan meskipun dalam dunia pendidikan, iklim sebuah organisasi mempunyai pengaruh positif dan signifikan sebesar 33,2 % terhadap keaktifan anggotanya dan 59,7% keaktifan seorang anggota organisasi berdampak positif dan nyata dalam benar-benar memahami visi organisasi itu. Saya katakan ini mirip dengan organisasi pada umumnya karena memiliki ragam yang sama.
Artinya apa?
Ini menunjukkan bahwa setiap anggota organisasi wajib ikut serta dalam membentuk, mendukung dan mempertahankan iklim positif dalam organisasi sekecil apapun pengaruhnya karena itu akan mempengaruhi dalam jumlah besar terhadap aktifitas anggotanya.
Dengan demikian, marilah berorganisasi. Agar kita termasuk ke dalam golongan terorganisir dalam menjalani hidup ini, dalam amar ma’ruf nahyi munkar, sebagaimana firman Allah SWT dalam Al Quran “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berperang (berjuang) dijalannya dengan terorganisasi rapih, seperti sebuah bangunan yang tersusun kuat” (Q.S. As-Shaf : 4)
Selamat berorganisasi

Comments

comments