MARI KITA TELADANI NABI IBRAHIM A S

15

MARI KITA TELADANI NABI IBRAHIM A S

Alloh SWT telah menciptakan manusia. Nabi Adam A.S adalah manusia pertama yang diciptakan Alloh SWT. Derajat manusia adalah yang paling mulia di sisi Alloh SWT,hal itu diterangkan pada saat nabi Adam A.S dan Siti hawa diturunkan ke dunia untuk menjadi khalifah seperti yang tertulis dalam Al-quran (Q.S Al- Baqarah : 30 ).
Alloh SWT menurunkan Al-Quran kepada nabi Muhammad SAW sebagai pedoman bagi kita untuk menuju kehidupan yang dirahmati oleh alloh SWT. Semua itu dijelaskan dalam Al-Qur’an (Q.S Al-Baqarah : 2) yang artinya “ Kitab ( Al-Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya;petunjuk bagi mereka yang bertaqwa,dan masih banyak ayat –ayat yang menerangkan kebenaran Al-Qur’an.
Dalam Al-Qur’an tertulis kisah nabi Ibrahim A.S yang berniat menyembelih putranya hanya karena ketaqwaannya, yang kemudian digantikan dengan seekor kambing oleh Alloh SWT. Nabi Ibrahim A.S dengan penuh keikhlasan bersedia menyembelih putranya yaitu nabi Ismail A.S yang kala itu baru berumur 7 Tahun. Padahal Nabi Ibrahim A.S menantikan kehadiran nabi Ismail A.S dalam waktu yang sangat lama dan itupun putra satu-satunya.
Nabi Ibrahim A.S melakukan semua itu hanya untuk mendapatkan ridha AllohSWT dan untuk menunjukan kesetiaannya kepada sang pencipta. Karena nabi Ibrahim A.S sadar seorang anak hanya titipan dan perhiasan dunia (Q.S Al-Kahfi : 46 ) yang artinya “Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amal kebaikan yang terus-menerusadalah lebih baik pahalanya di mata tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan”.
Berkaca dari kisah tauladan tersebut kita harus menyadari,semua hanya titipan Alloh SWT. Kita hanya menjalankan apa yang telah ditakdirkan oleh Alloh SWT,salahkah kita jika menggunakan hidup yang kita jalani untuk beribadah dan bertaqwa kepada pencipta kita. Rugikah hidup kita kalau kita gunakan hanya untuk menjalankan semua perintahnya dan menjauhi larangannya. Maka dari itu mari kita syukuri semua nikmat yang telah diberikanAlloh SWT kepada kita,dan mari kita gunakan sisa umur kita untuk menunjukan ketaqwaan kita terhadap Alloh SWT.
Ridwan Nurohman (Ketua Rijalul Ansor PC GP Ansor Kuningan )

Comments

comments