MAPABA FASE AWAL KOMITMEN TERHADAP NILAI

49

MAPABA FASE AWAL KOMITMEN TERHADAP NILAI

Jumat, 8 September 2017 pukul 14:30 WIB pihak STAI Al-Masthuriyah melaksanakan pelepasan atas keberangkatan para calon peserta MAPABA (Masa Penerimaan Anggota Baru) I yang diadakan oleh PMII Komisariat STAI Al-Masthuriyah masa khidmat 2017-2018. Proses pelepasan tersebut senantiasa selalu dilakukan sebelum pengurus komisariat memberangkatkan para peserta ke lokasi Mapaba. Hal ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi dan dukungan dari STAI Al-Masthuriyah untuk kelangsungan dan kelancaran kegiatan. Adapun peserta yang mengikuti kegiatan Mapaba I ini tercatat sebanyak 23 peserta yang masing-masing berasal dari jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Pendidikan Agama Islam (PAI), dan Hukum Ekonomi Syariah (HES), serta terdiri dari semester 1 dan 3.
Dalam agenda seremonial pelepasan peserta tersebut, tampak terlihat Ketua PMII STAI Al-Masthuriyah masa khidmat 2017-2018 yakni Sahabat Ali Zulfikar, Ketua PMII Cabang Kabupaten Sukabumi masa khidmat 2017-2018 yakni Sahabat Riswandi atau yang biasa di sapa Ce Wang, dan nampak hadiri juga Civitas Akademika STAI Al-Masthuriyah, yang diwakili oleh Drs. Bubuh Syihabudin, S.Ag. sekaligus melepaskan para peserta Mapaba.
Banyak pesan-pesan yang disampaikan dalam kegiatan pelepasan tersebut diantaranya pesan yang disampaikan oleh Sahabat Ali Zulfikar dalam sambutannya , “Bahwa proses mapaba ini merupakan salah satu bentuk komitmen para anggota dan kader PMII Komisariat STAI Al-Masthuriyah dalam mewujudkan dan mengawal nilai-nilai serta ideologi yang dipegang teguh selama proses pergerakan. Mapaba ini juga sebagai fase awal para calon anggota untuk memahami dan meyakini lebih dalam mengenai nilai-nilai serta ajaran yang dipegang teguh oleh PMII. Sehingga, pendampingan yang harus dilakukan pun senantiasa mengarah pada penanaman keyakinan dalam ber-PMII di STAI AL-Masthuriyah”. Selain itu, Ketua PC. PMII Kabupaten Sukabumi yakni sahabat Riswandi berkata “Bahwa PMII merupakan organisasi yang berskala nasional dengan dilandasi Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) sebagai aturan main organisasi. Sehingga untuk menjadi bagian dari keluarga besar PMII harus senantiasa mengikuti fase mapaba sebagaimana sesuai dengan AD dan ART PMII tersebut, PMII lahir dan dibentuk dari tangan para ulama dan kiai, yang dalam bahasa Arab fase mapaba yang dilaksanakan oleh PMII ini disebut dengan istilah membentuk Karakter Mutakid. Yakni membentuk anggota yang Yakin terhadap nilai-nilai Islam Ahlussunnah Wal Jamaah.” tak hanya mendapatkan pesan-pesan dari Internal PMII saja Peserta Pelepasan MAPABA juga mendapatkan pesan dari Perwakilan Civitas Akademika yang diwakili oleh Drs. Bubuh Syihabudin, S.Ag, beliau mengatakan bahwa “Diharapkan seluruh anggota baru dapat menjadi kader-kader yang sesuai dengan nilai-nilai yang dipegang teguh dan mampu menjawab tantangan zaman serta realitas sosial yang kerap terjadi”. Selain itu, beliau memberi pesan “bahwa anggota dan kader PMII harus senantiasa ingat terhadap motto PMII yakni Dzikir, Fikir dan Amal Shaleh. Serta jangan pernah melupakan ibadah mahdhoh yang merupakan kewajiban umat muslim. Karena untuk berpikir dan beramal sholeh senantiasa harus disertai pengabdian terhadap Allah Swt (Ibadah dan Dzikir)”. Disampaikan pula pesan khusus dari ketua STAI STAI Al-Masthuriyah, Drs. KH. Hamdun Ahmad, M.Ag, bahwa selama kegiatan berlangsung seluruh peserta dan panitia harus senantiasa menjaga nama baik STAI Al-Masthuriyah, menjaga fisik para peserta dan panitia serta jangan pernah meninggalkan shalat berjamaah manakala sudah masuk waktu shalat. Karena hal tersebut merupakan tradisi/budaya yang harus dipertahankan oleh mahasiswa STAI Al-Masthuriyah sebagai sebuah ciri khas tersendiri. Selesai menyampaikan sambutan, beliau melanjutkan proses pelepasan secara simbolik dengan tiga kali ketukan di meja.
Sebagaimana dipahami bahwa Mapaba ini merupakan gerbang awal bagi seluruh peserta untuk memasuki gerbang awal mengenal dan meyakini nilai-nilai PMII. Oleh sebab itu, Ketua OC (Organizing Committee) yakni Sahabat Aryo Ainul Yaqin beserta jajaran Panitia mengonsepkan kegiatan Mapaba ini dengan metode doktrinasi. Artinya bahwa, setiap proses pendampingan yang dilakukan dalam kegiatan mapaba ini harus senantiasa diarahkan pada memperkuat keyakinan peserta terhadap nilai-nilai PMII. Sebagaimana terangkum dalam Tema Kegiatan yakni “Transmisi Nilai-nilai PMII, supaya Terwujudnya Pribadi Mutakid”. “Berangkat dari realitas mahasiswa masa kini, yang mana citra diri mahasiswa saat ini hanya sebatas jargon yang tidak disertai dengan perilaku dan tindakan yang nyata. Menjadi salah satu faktor diambilnya tema Mapaba tersebut sebagai langkah dalam menjawab realitas sosial di kampus. Dengan harapan, mahasiswa baru saat ini mampu memahami jati dirinya sebagai mahasiswa yang memang mengemban tanggung jawab untuk melakukan perubahan sosial. Adapun pribadi mutakid yang ingin dibangun tersebut yakni keyakinan para anggota baru untuk senantiasa berpegang teguh pada ajaran dan nilai-nilai PMII. Dengan demikian, proses menjalankan tanggung jawab sosial tersebut dapat dilakukan sebagai bentuk pengejawantahan dari nilai-nilai dan ideologi yang diyakini” Begitu menurut Ketua OC.
Selepas kegiatan Pelepasan tersebut para peserta beranjak ke lokasi kegiatan Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) I PK PMII STAI Al-Masthuriyah yang diadakan di Yayasan Al-Ibrohimiyah—Caringin pada Hari Jumat—Minggu Tanggal 08-10 September 2017.
Wallahul Muwafiq Ilaa Aqwamith Thorieq
Putri Nuraini

Comments

comments