Makna Berkurban Ala SAMABISA

54

Makna Berkurban Ala SAMABISA

Oleh : Muhamad Dadan Nurdani

Arti sebuah pengorbanan adalah merelakan sesuatu untuk meraih sesuatu yang lain. Arti ini mungkin sudah sering kita dengarkan. Bahkan kita semua sering sekali mengucapkan bahasa ini. Karena, semua hal yang kita dapatkan barang tentu ada hal yang harus kita berikan untuk mendapatkan hal itu. Tidak ada pencapaian atau sesuatu yang kita dapatkan tanpa hal lain yang kita korbankan. Meskipun dalam hal pengorbanan itu berbeda setiap bentuk, jumlah, satuan atau bahkan jenisnya. Terkadang yang harus dikorbankan berupa materi. Seperti contoh , untuk mendapatkan barang yang diinginkan dengan sangat terpaksa kita mengorbankan jatah untuk membeli barang yang lain, atau kita terpaksa mengurangi jatah belanja kita. Terkadang kita juga m engorbankan waktu kita. Sebagai contoh, untuk mendapatkan uang tambahan acapkali kita mengurangi waktu istirahat kita, mengurangi waktu bersama keluarga atau waktu waktu lainnya.

Makna pengorbanan ini barangkali yang dimiliki oleh semangat berkurban dari kisah teladan Nabi Ibrahim. Yang mana dia merelakan anak yang sudah lama idamkannya, anak yang paling dicintainya. Untuk memperlihatkan ketakwaannya dia merelakan anaknya untuk dikurbankan demi menjanlankan apa yang Allah telah perintahkan. Meskipun pada akhirnya Allah memberikan pertolongannya, dengan mengganti anaknya dengan domba sehingga sampai sekarang syariat berkurban dengan hewan yang di khususkan itu ada.

Ketika kita memahami akan hakikat makna dari pengorbanan ini, yakni pengorbanan yang sesunggu hanya untuk sesuatu yang diharapkan, maka kita perlu dengan segenap kerelaan hati untuk mengorbankan sesuatu yang menghalangi akan menuju hal tersebut. Dalam hal ini, kebutuhan akan mendapatkan informasi dan ilmu maka kita perlu untuk mengorbankan sedikitny a waktu untuk membaca informasi atau buku yang ada kandungannya ilmu tersebut.
Masihkah kita tidak rela mengorbankan waktu kita untuk membaca?? membaca adalah kebutuhan atau lebih jauhnya adalah kewajiban.
Salam Baca !!!
Sahabat Membaca Bintang S Padahal ntang Sembilan embilan

 

Comments

comments