Mahasiswa STAIN Bengkalis Jalani Misi Perdamaian UNAMID di Darfur-Sudan

12

Mahasiswa STAIN Bengkalis Jalani Misi Perdamaian UNAMID di Darfur-Sudan

Bengkalis—Mahasiswa STAIN Bengkalis mengharumkan nama baik Indonesia di ajang internasional, melalui misi perdamaian di Elfasher Darfur Sudan Afrika Utara.

Dialah Brigadir Rhonal Nugroho, tercatat sebagai mahasiswa Semester VI Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) terpilih sebagai pasukan Satuan Tugas Garuda Bhayangkara II Formed Police Unit (FPU) X di Sudan.

Bersama 140 personil Polri lainnya se-Indonesia, Rhonal menjalankan misi penting perdamaian di daerah konflik yang berlangsung selama satu tahun, yang dimulai sejak Januari 2018 lalu. “Berbekal kemampuan Bahasa Arab dan Inggris yang saya pelajari di STAIN Bengkalis, saya terpilih mewakili misi mulia ini”, kata Rhonal.

Rhonal mengatakan selama berada di Elfasher Darfur banyak sekali pengalaman baru yang diperolehnya. Adaptasi dengan masyarakat setempat, memahami kultur dan budaya dengan baik dan melakukan pergaulan dan dialog dengan lintas bangsa, kata Rhonal kepada Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Wira Sugiarto pada Kamis (19/4) via pesan WhatsAppnya.

Hikmah yang dapat saya ambil menurut Rhonal adalah kemampuan Bahasa Arab saya bertambah dengan baik karena sering berkomunikasi dengan masyarakat lokal, kata Rhonal.

“Saya banyak belajar kebudayaan Islam dunia dan memperdalam pengetahuan agama” jelas Rhonal.
Di samping melaksanakan misi perdamaian, di Darfur kami bersama tim dapat melaksanakan kegiatan (charity), untuk membantu pembangunan Tempat Belajar Alquran Tauhid dan Nur di bawah Bimbingan Syaih Doktor Ishaq.

“Kami bersama masyarakat terlibat aktif pembangunan sarana pendidikan Islam tersebut yang sangat dibutuhkan anak-anak” katanya.

“Kami senang dapat bersama-sama anak-anak muda lainnya membawa misi perdamaian. Dunia ini harus saling bekerjasama dan setiap warga dunia harus berkomitmen menjaga perdamaian” kata Rhonal.

Ketua STAIN Bengkalis Samsul Nizar mengatakan apa yang dilakukan Rhonal sebagai capaian prestasi yang tinggi. Kami bangga ada mahasiswa kami dapat berpartisipasi dalam misi perdamaian mengharumkan nama baik Indonesia.

Saya berharap Rhonal dapat melakukan penelitiannya sekaligus sebagai tugas akhir menyelesaikan studi strata satu pada STAIN Bengkalis, karena ketika berangkat yang bersangkutan telah menyeesaikan KKN, tambah Nizar.

Nizar mengagumi keberanian dan komitmen Rhonal STAIN Bengkalis bersama Tim Garudanya menjadi bagian misi penting mencipptakan perdamaian dunia dan membantu sadara-saudara kita di Sudan. (Wira/RB)

Comments

comments