Mahasiswa IAIN Purwokerto Raih Juara I Lomba Media Pembelajaran Tingkat Nasional

Mahasiswa IAIN Purwokerto Raih Juara I Lomba Media Pembelajaran Tingkat Nasional

Purwokerto—Mahasiswa Tadris Matematika (TMA) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Purwokerto berhasil meraih juara 1 Lomba Media dan Alat Peraga Matematika dalam Kompetisi PAMER (Pekan Matematika Regional) Season XIV se-Indonesia 2021.

Kepastian pemenang diumumkan pada (5/4) oleh Tuan Rumah Universitas Halu Oleo. Juara II diraih oleh Tim IAIN Pekalongan dan Tim Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung harus puas di posisi ke III.

Tim Lomba terdiri dari Rona Dhiya Layli Iffah, Unggul Pradana dan Nurul Ma’unah berhasil membawa nama baik IAIN Purwokerto pada ajang yang diselenggarakan oleh HMJ Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo dengan mengusung tema “Reposisi Peran Intelektual untuk Melahirkan Generasi EMAS (Educative, Morality, Adaptive, and Smart) melalui Kompetisi Matematika di Era Revolusi Industri 4.0.”

Lomba Media dan Alat Peraga Matematika merupakan salah satu cabang lomba tingkat mahasiswa yang diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di Indonesia dan diadakan secara daring dengan beberapa tahapan.

Pada tahap awal peserta mengirimkan formulir pendaftaran beserta rancangan media pembelajaran melalui email yang telah disediakan pada tanggal 10-18 Maret 2021. Tahap kedua peserta mengirimkan video berupa pengenalan dan penjelasan media. Kemudian di tahap akhir tanggal 25 Maret 2021 peserta melakukan presentasi media melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting.

Kaprodi Tadris Matematika FITK IAIN Purwokerto Dr. Maria Ulpah, M.Si mengungkapkan rasa syukurnya atas prestasi mahasiswa binaannya. “Tiada kata yang pantas diucapkan selain syukur alhamdulillah atas pencapaian prestasi ini. Semoga prestasi ini menjadi inspirasi dan motivasi bagi mahasiswa lain agar terus berkarya meski di masa pandemi”.

Maria berharap semoga Tadris Matematika semakin berprestasi dan kreatif untuk menghasilkan karya-karya inovatif sebagai upaya menjadikan matematika lebih menarik dan menyenangkan.

Di tempat terpisah Rektor IAIN Purwokerto Muhammad Roqib mengatakan prestasi mahasiswanya bagian penting dari ikhtiar meningkatkan mutu IAIN Purwokerto di tengah menunggu Kepres Alih Staus menjadi UIN Syaifuddin Zuhri (Syaizu).

Roqib mengaku mahasiswa IAIN Purwokerto mengalami perkembangan yang luar biasa dalam even-even kompetisi baik tingkat regional, nasional bahkan internasional. “Atas nama pimpinan kami berharap akan semakin banyak lagi mahasiswa yang meraih prestasi gemilang di kancah nasional”. Katanya.(Tim Humas/RB)

comments