Madrasah Banser Full Day, Program Banser Kabupaten Bogor

823

Bogor, (ansorjabar online)
Puluhan Banser berkumpul di Pondok Pesantren Al-Minhaj yang berlokasi di Caringin, Kabupaten Bogor. Lengkap dengan menggunakan seragam loreng khas kebanggaan mereka.

Bukan tanpa sebab mereka berkumpul di sana, karena memang Banser Satkorcab Kabupaten Bogor sedang mengadakan MADRASAH BANSER FULL DAY, yang di dalam kegiatan tersebut terdapat beberapa program yang sebelumnya sudah di bahas oleh pengurus Satkorcab dalam Rakorcab Banser Kabupaten Bogor.

“Tujuan dibuatnya Madrasah Banser Full Day tak lain adalah pertama untuk memberikan pencerahan Taktis-Akademis kepada anggota Banser agar lebih semangat dan solid lagi dalam bertugas, kedua proses pencerdasan, Banser tak hanya gagah dengan seragam lorengnya namun juga harus memiliki pengetahuan dan wawasan yang mumpuni sehingga tak mudah diremehkan oleh orang lain” Ujar Drs. A. Burhanudin selaku Wakasatkorcab Banser Kabupaten Bogor.

Kegiatan dibuka dengan Latihan PBB, puluhan Banser mengikuti aba-aba perintah yang di instruksikan oleh Wakasatkorcab. Latihan PBB dilakukan selain untuk melatih kedisiplinan anggota, juga untuk melatih percaya diri. PBB yang dipakai oleh Banser tetap sama mengacu pada Peraturan Baris-Berbaris nomor SK PANGAB/611/X/1965.

Selepas itu, kegiatan di dalam MADRASAH BANSER FULL DAY adalah Pelatihan Tenaga Dalam, yang dalam hal ini bekerjasama dengan Perguruan Tenaga Dalam “Singgasana Bina Nusantara”, yang berkedudukan di Cisarua Puncak.

Kemudian kegiatan di pindahkan dari lapangan ke kelas. Di dalam kelas puluhan Banser di beri materi tentang Teknik Pengamanan dan Pengawalan yang nantinya diharapkan Banser dapat mengamankan objek-objek vital yang berada di wilayahnya.

Selanjutnya materi tentang Pengaturan Lalu Lintas, di adakan agar Banser memahami teknik pengawalan ketika konvoi juga pengaturan lalu lintas sehingga ketika Instansi Pemerintah, seperti Kepolisian, meminta bantuan Banser untuk membantu pengamanan lalu lintas, Banser Kabupaten Bogor sudah siap.

Materi terakhir adalah mengenai PO (Peraturan Organisasi) Banser itu sendiri dan penjabaran-penjabarannya.

“Diharapkan Banser Kabupaten Bogor bisa menjadi Banser yang Mandiri, Professional dan Ber-Intelektualitas” Tegas Drs. A. Burhanudin di hadapan puluhan personil Banser Kabupaten Bogor.(aziz ian)

Comments

comments