Maarif NU Majalengka Ikuti Perwimanas

7

MAGELANG, (Ansorjabar online) – Eksistensi Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (LP Ma’arif NU) di Majalengka makin diperhitungkan. Hal ini dibuktikan dengan ikut tampilnya para pelajar Ma’arif di Pentas Perkemahan Wirakarya Ma’arif (Perwimanas) di Lapangan Akmil Kabupaten Magelang, 17 – 23 September 2017.

Pimpinan Kontingen Daerah (Pinkonda) Ma’arif Kabupaten Majalengka, Aan Subarhan mengatakan kontingen dari majalengka memberangkatkan 32 siswa yang tergabung dalam 4 sangga. “Kita pilih siswa pilihan dari sekolah-sekolah yang ada dibawah naungan LP. Ma’arif sebanyak 32 Siswa yang tergabung dalam 4 sangga, 2 sangga putra dan 2 sangga putri”, rilisnya disela-sela pendampingan kontingen di Lapangan Akmil Magaleng (Senin, 18/9).

Aan juga menjelaskan kegiatan Perwimanas ini merupakan kegiatan rutin ma’arif nasional berupa perkemahan untuk tingkat penegak yang dikoordinir oleh Satuan Komunitas Pramuka Ma’arif (Sakoma) dengan berbagai kegiatan seperti bina mandiri, bina sosial dan bina budaya.

” Perwimanas ini akan berlangsung selama 7 hari yang berisi kegiatan kepramukaan bagi penegak diantaranya bina mandiri, bina sosial dan bina budaya”, jelas pria yang juga menjabat sebagai pembina pramuka SMK Darul Ma’arif Cikedung Maja ini.

Ketika ditanya tentang seleksi pesertanya dan manfaat yang akan didapat, Aan menjawab peserta diseleksi secara ketat melalui berbagai tahap sehingga dari seleksi tersebut diambil 32 siswa perwakilan dari SMA dan SMK Ma’arif Al Mizan Jatiwangi SMK Darul Ma’arif Cikedung Maja, SMK IT Nurul Barokah Cikijing, MAK Al Hazen Sindangwangi, MA Siti Khadijah Sindangwangi dan MA Unggulan Amanatul Ummah 2 Leuwimunding.

“Dari sekian banyak siswa Ma’arif kita seleksi secara ketat, sehingga mereka yang berangkat merupakan kader-kader pramuka ma’arif handal yang sudah siap tampil dipentas nasional bersama sekitar 15 ribu peserta Se Indonesia”, jawab Ketua Bidang Kaderisasi PC. Ansor Majalengka ini.

Selaras dengan Aan, Ketua Pengurus Cabang (PC) LP. Ma’arif Drs. H. Damuri, M.Ag mengatakan LP. Ma’arif di Majalengka memang secara rutin mengikuti event-event ma’arif nasional dan salah satunya Perwimanas ini.

” Ma’arif Majalengka selalu ikut terlibat dalam kegiatan nasional”, ucapnya.

Ia juga menambahkan adanya keinginan dari Ma’ari NU untuk terus mengembangkan bakat-bakat siswa dalam membentuk karakter yang kuat dalam upaya membangun bangsa ini.

“Kita di Ma’arif akan terus berupaya maksimal melalui lembaga pendidikan yang tergabung dalam Ma’arif mencetak siswa yang berkarakter kuat khususnya cinta NKRI dan nasionalisme. Salah satunya melalui kegiatan-kegiatan kepramukaan Ma’arif”, harap pria yang menjabat juga sebaga Kepala Sekolah MTsN Rajagaluh ini.

H. Damuri berharap lembaga pendidikan Ma’arif terus bersinergis dengan pemerintah kabupaten majalengka maupun kementeriaan agama majalengka dalam berbagai program pendidikan yang tujuan akhirnya bisa mewujudkan visi Remaja.

” Semoga Ma’arif ini tetap sinergis dengan para pemangku kebijakan demi terwujudnya visi Remaja di Majalengka”, pungkasnya. (red)

Comments

comments