LP Maárif NU Ajak Madrasah dan Sekolah di Tangsel Gabung Maárif Tingkatkan Mutu

LP Maárif NU Ajak Madrasah dan Sekolah di Tangsel Gabung Maárif Tingkatkan Mutu

Serpong—Kita harus siap menyambut era revolusi industri 4.0, karena sudah di depan mata dengan cirinya yang menonjol kehidupan yang serba digital. Namun faktor manusia tetap menjadi sangat penting tak tergantikan.

Hal itu dikatakan Ketua Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan Maárif Nahdlatul Ulama (PC LPM NU) Kota Tangerang Selatan Ruchman Basori di sela-sela Pelatihan Manajemen BOS Pusdiklat Kemenag RI bekerjasama dengan PCNU Kota Tangerang Selatan, Kamis 17/6 di Serpong.

Selain itu, tantangan pendidikan saat ini adalah matinya kepakaran yang salah satunya dipicu dengan kemajuan teknologi informasi. “Teknologi informasi satu sisi mendatangkan kemanfaatan tetapi di satu sisi menjadikan memudarnya kepakaran bahkan peran guru hampir tergantikan””, katanya dihadapan 30 peserta pelatihan.

Tugas Lembaga Pendidikan Maárif adalah mencetak generasi muda yang mempunyai wawasan keagamaan yang moderat di tengah persaingan paham untuk kemajuan bangsa. “Rancang bangun kurikulum yang ditawarkan Maárif adalah kurikulum ahlussunnah wal jamaah dan ke-NU-an yang mengantarkan peserta didik pada wasathiyatul Islam”, terang Alumni IAIN Walisongo Semarang ini.

Ruchman mengajak 30 peserta Pelatihan Manajemen BOS yang mewakili madrasah di Kota Tangerang Selatan ini untuk bersama bergabung di LPM, sehingga mampu menjadi madrasah yang bermutu dan berkarakter.

“Saat ini kita membutuhkan lembaga pendidikan yang unggul namun juga terjangkau oleh masyarakat, dan LPM harus siap memfasilitasi itu”, kata Mantan Aktivis ’98 ini.

Didampingi Viva Tarlina Nur Usman Wakil Sekretaris LPM NU Tangsel Ruchman menjelaskan langkah-langkah strategis LP Ma’arif diantaranya merintis madrasah/sekolah unggulan, mendampingi keluarga besar NU dalam mendirikan sekolah dan madrasah dan juga pembinaannya.

Mengakhiri sessi, Ruchman berterimakasih kepada Pusdiklat Kementerian Agama yang telah mempercayakan PCNU Tangsel bekerjasama. “Banyak hal yang bisa dikerjasamakan ke depan dalam meningkatkan akses dan mutu madrasah dan LPM Tangsel sangat siap”, harapnya.

Sebelumnya di sessi pembukaan hadir KH. Abdulloh Masúd Ketua PCNU Kota Tangerang Selatan, Kankemenag Kota Tangsel Abdul Rozak dan sejumlah nara umber pada Pelatihan Manajemen BOS 14-18 Juni 2021. Nampak hadir fungsionaris LPM Tangsel lainnya Bendahara Anis Anjani dan Wakil Sekretaris Jakfar Shodik.(RB)

comments