Lokakarya Pesantren PW Ansor Jabar dan LPPM ITB, Upaya Al Akhzdu bi al Jadid al Ashlah

163

Lokakarya Pesantren PW Ansor Jabar dan LPPM ITB, Upaya Al Akhzdu bi al Jadid al Ashlah

Bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Ansor Jawa Barat akan menggelar Lokakarya tentang Pesantren, Teknologi dan Pengembangan Masyarakat. Acara tersebut digelar pada hari Senin sampai dengan hari Selasa pada pukul 13:00 – 16:00. Kecuali, untuk hari terakhir, atau hari Jumat, acara dimulai pada pukul 14:00.

“Lokakarya ini kita selenggarakan secara online melalui aplikasi,” kata Ketua PW Gerakan Pemuda Ansor Jawa Barat, Deni Ahmad Haidari. Senin (6/7/2020).

Peserta lokakarya tersebut adalah Kiayi Muda yang sebelumnya telah mendaptar melalui link yang sudah disebarkan sebelumya.

“Peserta adalah Kiayi Muda dari seluruh kabupaten di Jawa Barat. Jumlahnya 30 orang,” lanjut Deni.

Deni melanjutkan, lokakarya ini menjadi penting untuk mengenalkan teknologi dilingkungan pesantren di Jawa Barat.

” Materi awalnya adalah introducing seputar teknologi. Kita tentunya ingin bahwa antara science dengan agama itu tidak saling bertentangan. Dan yang lebih penting bagaimana menghadirkan teknologi tepat guna di pesantren sehingga menjadi nilai tambah bagi pesantren,” ujarnya.

Teknologi dalam pandangan Deni justru menjadi manifestasi dari motto Nahdlatul Ulama.

“Wal akhdu bil jadidi al ashlah itu sangat terkait erat dengan teknologi, Inovasi,” jelas Deni.

Pasca Lokakarya ini akan ada pendampingan pelaksanaan teknologi tepat guna. Serta untuk mengevaluasi penerapannya di pesantren.

comments