Lengkong Destinasi Wisata Religi

140

Kuningan, (ansorjabar online)
Pada Sabtu 09 April 2017, warga desa Lengkong mengadakan Tabligh akbar dalam rangka Haul Eyang Hasan Maulani ke 144.

Menurut Aang Asy’ari, Lc, M.H., ketua panitia haul, acara haul tahun ini terdiri dari 3 rangkaian kegiatan.

Diantaranya Silaturahmi keluarga Besar Eyang Hasan Maulani yang dihadiri para tokoh sepuh Kuningan.

Dalam silaturahmi tersebut disepakati beberapa poin, diantaranya: akan dibentuk paguyuban keluarga besar Eyang Hasan Maulani, merutinkan pertemuan keluarga besar Hasan Maulani serta mendorong Pemkab untuk menjadikan Lengkong sebagai destinasi wisata religi di Kuningan.

Masih menurut Aang, bahwa pada hati Sabtu 8 April panitia mengadakan ziarah ke masyayikh Lengkong dan khataman al-Qur’an. Kemudian pada hari minggu 09 April sebagai acara puncak diadakan tabligh akbar oleh Habib Quraisy bin Qasim Baharun dan Habib Husen al-Jufti, yang dihadiri ribuan peziarah dari seluruh wilayah Kuningan dan luar Kuningan.

Menurut Aang, ketua panitia yang juga merupakan direktur aswaja center Kuningan, acara haul bertujuan untuk mengingatkan akan kematian, mengenang jasa dan kepahlawan Eyang Hasan Maulani dan sebagai media pemersatu umat.

Eyang Hasan Maulani merupakan pemuka agama yang hidup di zaman penjajahan Belanda. Sifatnya yang anti penjajah dan kemasyhuran dirinya membuat khawatir para penjajah, sehingga dirinya diasingkan ke Manado, Sulawesi. Selama diasingkan dan meninggal dunia di Manado, Eyang Hasan meninggalkan istri dan anaknya di Lengkong.

Turut Hadir Bupati Kuningan, Camat Garawangi, Kapolsek Garawangi, Kepala Dinas Pendidikan Ketua PC NU Kab. Kuningan Ketua PC GP Ansor Kab. Kuningan Satkorcab Banser Kab. Kuningan

Comments

comments