Lebih dari 20 Mahasiswa Perwakilan 9 Kampus di Jabar Terjun ke Desa

191

Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam volunteer meja kayu ( mengabdi mengajar kapanpun hayu) bergerak terjun ke desa, tepatnya kampung Ranca belut Desa Tanjung wangi Kecamatan Cicalengka. Program yang diketuai oleh Muhammad iqbal ini dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 15-19 Januari 2020 serta diikuti lebih dari 20 mahasiswa yang berasal dari 9 kampus( ITB, Poltekkes bandung, Telkom university, UIN Bandung, UNINUS UNPAD, UNPAS, UNSIKA, UPI ).

hal ini Merupakan sebuah kolaborasi luar biasa mahasiswa yang diinisiasi oleh Sociosharing, sebuah komunitas yang bergerak di bidang sosial pendidikan. Selain mengajar dan memberikan motivasi terhadap siswa siswi SMP Djuantika, mahasiswa juga berdiskusi dan sharing bersama masyarakat mengenai pertanian dan peternakan.
Dalam pembukaan kegiatan ini dihadiri oleh beberapa pihak diluar tokoh masyarakat setempat, mulai dari Pak Camat Cicalengka, sampai korwil pendidikan kecamatan Cicalengka.

“Saya bangga sekaligus senang melihat antusiasme mahasiswa yang hadir dengan tujuan mulia ke kampung rancabelut ini. Harapan saya selaku camat Cicalengka, kesadaran dan semangat kolektif pengembangan masyarakat khususnya dibidang pendidikan mampu dilakukan oleh semua pihak termasuk masyarakat yang bersangkutan, bukan hanya menjadi objek tapi subjek yang melakukannya. ” Tegas Camat Cicalengka Entang Kurniawan dalam sambutan pembukaan program mejakayu.

” alasan saya mengikuti kegiatan ini yakni Kita sebagai mahasiswa harus memiliki kesadaran dan kedewasaan minimal tiga aspek ini, emosional, spiritual serta intelektual. Harapannya dengan belajar bersama masyarakat, selain mengimplementasikan Tridharma perguruan tinggi bisa juga mengasah tiga aspek kedewasaan tersebut dan itu saya dapatkan walaupun hanya 5 hari. ” Penjelasan salah satu volunteer meja kayu, Mitha dari Telkom university saat ditanya alasan oleh penulis Ketertarikannya mengikuti kegiatan Mejakayu.

“Harapan saya. Kegiatan ini tidak hanya dilakukan di kampung rancabelut saja, saya yakin masih banyak tempat yang membutuhkan bantuan serta motivasi dari mahasiswa maupun instansi pemerintahan. ” Tambah Mitha.

Aceng Ahmad Sehabudin, Cicalengka 19 Januari 2020.

comments