Launching Compact Program Pekan Depan, PC IPNU Garut siapkan program berdampak

Launching Compact Program Pekan Depan, PC IPNU Garut siapkan program berdampak

Compact merupakan suatu program berdampak yang di inisiasi oleh PC IPNU Kabupaten Garut dan di rancang oleh Wakil I Bidang Organisasi bersama jajaran dan timnya. Dalam upaya mengakselerasikan roda organisasi, peningkatan skala organisasi dan pengembang SDM khususnya di kalangan pengurus IPNU di tingkatan PAC dan seluruh anggota IPNU di Kabupaten Garut.

“Jumlah pelajar NU di Kabupaten Garut hampir 5000 pelajar, bukan jumlah yang sedikit, apalagi jika melihat bahwa tentunya organisasi dan kader perlu masa depan yang jelas untuk masa depan organisasi dan kader itu sendiri” Ungkap Arif Bahaudin Ketua PC IPNU Garut

Selanjutnya rekan Faiz selaku wakil ketua bidang organisasi menjelaskan Compact Program ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman menyeluruh kepada anggota dan kader Pelajar NU di Kabupaten Garut mengenai peningkatan kapasitas organisasi, program berdampak dan pengembang SDM dalam rangka mengsistematiskan roda organisasi.

“Setiap generasi memiliki kecendrungan dan perbedaan tersendiri, perlu kita mengerti dan memahami bagaimana cara kerja dan pemikiran mereka, artinya kita harus menyiapkan fasilitas dan sistem yang fleksibel, untuk mengembangkan wawasan dan potensi yang dimiliki kader itu sendiri” Ungkap Wakil Ketua I Bidang Organisasi Mohammad Faiz.

Dalam Compact program ini memiliki lima indikator dalam pelaksanaannya, yaitu;

Pertama, Simplifikasi administrasi Administrasi merupakan suatu fasilitas organisasi yang sangat fundamental dalam menjalankan roda organisasi. Namun, pada kenyataannya beberapa dari pengurus sangat kesulitan dalam melakukan peranannya menjadi administrator organisasi. Maka, perlu ada penyederhanaan administrasi yang mudah di akses dan di proses dengan menggunakan fasilitas digital untuk menjalankan amanat organisasi dan PO PD PRT.

Kedua, Simplifikasi Manajemen Organisasi. Dalam manajemen organisasi atau pengelolaan organisasi pengurus harus disiplin dalam menjalankannya, organisasi merupakan wadah yang harus hidup dan berjalan sesuai dengan kebutuhan lapangan yang ada. Maka diperlukan suatu sistem manajemen organisasi yang bisa meningkatkan kapasitas organisasi dan skala organisasi yang sederhana juga mudah dilakukan dan di akses.

Ketiga, Manajemen Program Berdampak. Dalam suatu wadah atau organisasi pastinya memiliki program kerja yang harus dilaksanakan setiap periodenya, karena output dari organisasi adalah munculnya program-program yang harus dilaksanakan secara teratur. Namun, program yang dilakukan harus berdampak pada organisasi, organisator dan masyarakat. Maka, diperlukan suatu sistem manejemen program yang simpel dan mudah dilaksanakan.

Keempat, Compact Digital. Peranan digital saat ini sangat diperlukan untuk mempermudah dalam pelaksanaan aktivitas organisasi dan untuk saat ini pemanfaatan digital kita fokuskan ke dalam Digitalisasi Administrasi untuk mempermudah dan menyederhanakan akses administrasi organisasi.
Kelima, Human Resource Management & Development. Menuju Indonesia emas 2045 dan dalam rangka menjemput bonus demografi kader dan anggota IPNU harus mulai fokus dalam pengembangan dan manajemen potensi individunya. Maka perlu ada suatu program yang mengembangkan sumber daya manusia yang tersistematis, berdampak dan fokus pada pengembangan dan manajemen sumber daya manusia.

Compact Program ini akan launching pekan depan dan harapannya bisa terealisasikan dalam upaya mempersiapkan tunas-tunas masa depan yang lebih baik.

“Saya berharap program ini terealisasi dengan baik, sehingga para pelajar NU bisa membuat inovasi-inovasi baru dan karya yang membangun. dengan mengutip syair “Generasi (pemuda) hari ini adalah pemimpin di Masa depan di tanganmulah maju dan mundurnya bangsa ini dipertaruhkan” pungkasnya (Rekan Faiz)

Selamat Belajar, berjuang dan bertaqwa.

Pewarta: Muhammad Yasir Alawiy

comments