Laksnakan Amanat UUD, Seribuan Banser Jaga Gereja

4511

INDRAMAYU – Bukan hanya mengatur berbuat baik kepada sesama muslim, akan tetapi sistem demokrasi yang dianut Bangsa Indonesia memberikan hak seluas-luasnya bagi agama lain, termasuk pada ummat kristiani yang kini merayakan Natal.

Untuk itulah ribuan banser dari 31 Satkoryon dikerahkan untuk melakukan pengamanan ibadah ummat kristiani hingga tahun baru nanti. Hal itu bukan hanya amanat PBNU secara organisasi akan tetapi ketetapan yang diatur dalam Undang-undang dasar (UUD 1945), dimana dalam pasal 28 E ayat 1 tertulis setiap orang bebas memeluk agama manapun dan beribadah menurut agamannya.

Begitu juga dalam ayat keduanya dimana tertulis setiap orang berhak atas kebebasan meyakini kepercayaan, menyatakan pikiran dan sikap sesuai hati nuraninya. Dalam Pasal 29 ayat 2 UUD juga menyebutkan Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masning dan untuk beribadat menurut agama dan kepercayaannya itu.

Saat ini banyak sekali kelompok yang melakukan terror atas nama Islam bahkan terakhir pengeboman menewaskan beberapa orang di Samarinda, mengantisipasi hal itu semestinya bukan hanya dilakukan oleh kepolisian tapi seluruh rakyat Indonesia.

“Makanya kami ingin mempelopori bahwa amanat UUD adalah amanat konstitusi Negara hasil kesepakatan para ulama dan pendiri bangsa, bukankah kita juga sama ingin aman dan damai saat melaksanakan ibadah begitupun mereka,”tegas Ketua PC GP Ansor Indramayu Miftahul Fatah.

Miftah juga mengaku, hal itu juga sebagai langkah memperkuat  sikap toleransi antar umat beragama dan menjaga kebinekaan sesuai aturan perundangan yang berlaku, Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Indramayu sengaja turunkan ribuan personelnya diminta atau tidak diminta pihak gereja.

“Kita sekali lagi bukan mengamankan apalagi ikut peribadatan umat kristiani,” bebernya.

Lanjut Miftah, Banser melakukan bentuk nyata dimana banyak organisasi kemasyarakatan yang hanya menyemai wacana. “Bagi kami ini juga cara warga Negara dalam melaksanakan cinta kepada kemanusiaan dan tanah airnya,” kata dia.

Miftah menambahkan, Ada 7 titik yang akan jadi fokus penjagaan oleh Banser, diantaranya Kecamatan Haurgelis, Kandanghaur, Kroya, Jatibarang, Indramayu, dan Juntinyuat. “Apa yang dilakukan Banser pada malam natal tersebut, tentunya sudah dikordinasikan dengan pihak kepolisian Polres Indramayu. Sehingga, dalam pelaksanaanya pun akan berjalan dengan baik, apalagi kegiatan tersebut sudah biasa dilakukan PC GP Ansor Indramayu dari tahun ke tahun,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Satuan Kordinator Cabang (Kasatkorcab) Banser PC GP Ansor Indramayu, Yusuf menambahkan, ribuan personel yang diturunkan tersebut akan terbagi-bagi menjadi beberapa bagian, seperti Banser Lalu Lintas (Balantas) dan Banser Tanggap Bencana (Bagana). Merekapun, akan bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

“Sudah kami siapkan secara matang dari jauh-jauh hari, ” pungkasnya. (casmudi)

comments