Lakpesdam NU Indramayu Imbau Pemerintah Waspada Terhadap Cyber Narcoterrorism

Lakpesdam NU Indramayu Imbau Pemerintah Waspada Terhadap Cyber Narcoterrorism

Indramayu – Sekretaris Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) PCNU Kabupaten Indramayu Akhmad Rifai S.Ikom M.Ikom menghimbau agar Pemerintah waspada terhadap munculnya kelompok Cyber Narcoterrorism.

Kelompok cyber narcoterrorism tersebut memanfaatkan new media dalam memasarkan atau mengedarkan narkotika untuk kepentingan pendanaan aktivitas terorisme.

“ Ada dua bentuk narcoterrorism, pertama mengedarkan atau menjual narkoba lewat media sosial untuk membiayai aksi terorisme, kedua merusak mental bangsa dengan penyalahgunaan narkoba.” jelas pria yang akrab disapa Pay. Rabu (10/03)

Menurut Pay, pemerintah dan semua elemen masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan dan melakukan antisipasi sejak dini.

“ Harus ada pencegahan, antisipasi sejak dini, mengingat hal tersebut merupakan ancaman serius bagi bangsa dan stabilitas negara.” tutur Pay.

Pay menambahkan, langkah kongkrit yang harus dilakukan untuk mengantisipasi kejahatan cyber narcoterrorism yakni Pertama, merekrut ahli IT untuk memperkuat tim ahli IT di tubuh Cyber TNI-POLRI. Kedua, pemerintah membuat piranti lunak guna mendeteksi cyber narcoterrorism. Ketiga, Memasifkan sosialisasi literasi media ke semua elemen masyarakat.

“ Dan yang terpenting adalah menguatkan semangat kekitaan.” pungkasnya.

comments