Kwarnas: Perkemahan Wirakarya Nasional PTK Jadi Baromater Perkemahan Nasional

Kwarnas: Perkemahan Wirakarya Nasional PTK Jadi Baromater Perkemahan Nasional

Jakarta—Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) XV Tahun 2021, menjadi baromater perkemahan gerakan pramuka secara nasional.

Pernyataan itu mengemuka saat Panitia PWN PTK XV 2021 melakukan audiensi dengan Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, pada Rabu (27/10) di Ruang Sidang A Lt. II Kwarnas Jakarta.

“Pelaksanaan PWN PTK di UIN Raden Fatah Palembang menjadi rujukan dan model perkemahan pramuka secara nasional, saat Covid-19 melanda”, kata Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Mayjend Purn. Dr. Bachtiar, S.IP, M.AP.

Bachtiar menegaskan Kwartir Nasional menyambut baik PWN untuk kalangan mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan di bawah Kemenag, namun pelaksanaannya harus memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.
“Jangan lupa diurus perizinannya baik dari Gugus Covid-19 Daerah, Polda dan Polri yang ditembuskan kepada BNPB”, pesan Bachtiar kepada Panitia PWN.

Saya memandang tema perkemahan sangat bagus mengusung wawasan kebangsaan di tengah keberagaman. “Tolong materi-materi wawasan dan moderasi beragama harus dikawal menjadi nenu penting pramuka, menghadapi perkembangan dunia global”, katanya.

Direktur Diktis Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Prof. Suyitno, M.Ag, mewakili rombongan dari Kemenag mengatakan PWN PTK menjadi instrumen penguatan nilai-nilai kebangsaan dan moderasi beragama. “Perkemahan yang dirancang secara daring dan lurung harus memberikan manfaat untuk bangsa ini juga mengatasi beban bangsa akibat covid-19”, katanya.

Guru Besar UIN Raden Fatah ini berharap dukungan Kwartir Nasional dalam penyelenggaraan PWN. “Kami berharap Ka Kwartir Nasional Kak Budi Waseso dapat hadir dalam pembukaan bersama Gus Menteri Agama Yaqut Cholil Qaumas.

Rektor UIN Raden Fatah Palembang, Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag, M.Si menyampaikan kesiapan pelaksanaan kegiatan PWN PTK XV. “Prinsipnya kami sebagai tuan rumah sudah sangat siap menyelenggarakan PWN PTK XV. Kegiatan difokuskan di kawasan Jakabaring Sport City, UIN Raden Fatah dan juga bhakti disekitar Kota Palembang,” ungkapnya.

Nyayu menambahkan pramuka harus tetap semangat berkarya dalam situasi dan kondisi apapun.“Perkemahan Wirakarya menjadi piranti para mahasiswa untuk berkarya di tengah pandemi, dan harus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat,” tambahnya.

Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan XV akan digelar di Palembang 9-14 November 2021 dan diikuti oleh 488 peserta dari 65 kontingen PTKI.

Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan Ruchman Basori melaporkan bahwa PWN PTK akan dilakukan dengan luring dan daring serta kegiatan bhakti diantaranya penanaman 5000 pohon, pembutan biopori, donasi buku dan kitab serta pemecahan rekor MURI Pantuan Moderasi Beragama Terbanyak.

Rombongan Kementerian Agama terdiri dari Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (DIKTIS) Suyitno. Rektor UIN Raden Fatah Palembang Nyayu Khodijah, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Hamidah, Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan Ruchman Basori, Kasi Kemahasiswaan Amiruddin Kuba, Ketua Panitia Kemas Badarudin dan lain-lain.

Sementara dari Kwarnas hadir, Wakil Ketua Bidang Saka dan Sako, Luthfi Yuniar, Ketua Bidang Luar Negeri Brata Tryana Hardjosubroto, Andalan Nasional Bidang Hubungan Luar Negeri Hendra Henny Andrias, Dewan Kerja Nasional dan fungsionaris Kwarnas lainnya.(RB)

comments