KONGKOW ASWAJA DAN GELAR PRODUK KADER ANSOR

39

KONGKOW ASWAJA DAN GELAR PRODUK KADER ANSOR

“Tilu nu kudu aya dina diri kader Ansor; nyaeta loba kanyaho, loba kabisa, jeung loba kaboga (Tiga Hal yang harus ada pada diri kader Ansor; yaitu banyak pengetahuan, banyak keterampilan, dan banyak yang dimiliki),” demikian salah satu nasihat dari Ketua Umum PW GP Ansor Jawa Barat dalam kegiatan “Kongkow Aswaja dan Gelar Produk Kader Ansor”. Acara ini diselenggarakan oleh PAC GP Ansor Kecamatan Tanjungsari dengan mengusung tema “Peran Strategis Ansor dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat di Tengah Masa Pandemik”, pada hari MInggu, 12 Juli 2020, bertempat di Yayasan Ar-Raudhah Al-Musri Tanjungsari Sumedang.
Acara ini bertujuan untuk memotivasi kader Ansor dalam berkarya dan menciptakan peluang usaha, seperti yang diucapkan oleh Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Tanjungsari, Ahmad Nashirudin (akrab disapa Acin) selaku ketua pelaksana, “Pertama, acara ini diadakan sebagai media silaturahmi setelah sekian lama kita dipisahkan jarak karena wabah Covid-19. Kedua, untuk memotivasi kader-kader Ansor agar terus berkarya dan menciptakan peluang usaha bagi kemajuan perekonomian umat di tengah ekonomi yang saat ini serba sulit.”
Tidak dapat dipungkiri bahwa wabah Covid-19 ini sangat berdampak terhadap aktivitas ekonomi secara global. Kasus PHK, maraknya KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga), dan meningkatnya kasus perceraian, adalah beberapa contoh domino effect yang terjadi di masyarakat saat ini. “Saatnya kita harus cerdas melihat peluang untuk terus berusaha. Sumberdaya alam melimpah, hanya tinggal keberanian untuk memulai. Tingkatkan kepercayaan diri dan konsisten dalam melakukan suatu hal,” pesan Kang Deni Ahmad Haidar, ketua PW GP Ansor Jawa Barat, yang menjadi pemateri utama. Beliau juga berpesan untuk mulai berpartisipasi dalam platform digital agar mampu mengakses pasar yang lebih luas, karena persaingan pasar yang semakin terbuka menuntut setiap orang harus terus berinovasi dan berkreasi yang lebih untuk menciptakan produk unggulan yang dapat dikenal oleh masyarakat.
Selain dihadiri oleh Ketua Umum PW GP Ansor Jawa Barat, acara ini juga dihadiri oleh Kepala Desa Margajaya, Pengurus MWC NU kecamatan Tanjungsari, Pengurus Cabang GP Ansor Kabupaten Sumedang, dan beberapa Pengurus Anak Cabang, di antaranya PAC Kecamatan Sukasari, PAC Kecamatan Pamulihan, PAC Kecamatan Jatinangor, dan PAC kecamatan Darmaraja. “Acara seperti ini harus mulai digerakkan kembali dalam situasi AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru) seperti saat ini oleh PAC se-Kabupaten Sumedang. Ansor harus terlihat, Ansor harus terdengar, dan Ansor harus terasa keberadaannya di tengah masyarakat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” ujar Ketua PC GP Ansor Sumedang, Acep Komarudin Hidayat, dalam sambutannya.
Beberapa produk yang digelar di antaranya kerajiinan dari kayu (poster kayu, wadah gasoline, wadah rokok) & ragam produk tembakau karya PAC GP Ansor Tanjungsari, minuman ekstrak lemon ‘WOW’ karya PAC GP Ansor Jatinangor. Semoga ke depannya kader Ansor mampu menjadi penggerak roda ekonomi dan selalu berinovasi untuk menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi umat.

comments