Komunitas Perkutut Kaplongan Santuni Yatim dan Dhuafa Pada Kegiatan Latber

14

Komunitas Perkutut Kaplongan Santuni Yatim dan Dhuafa Pada Kegiatan Latber

Komunitas Perkutut Kaplongan kembali memberikan santunan kepada anak yatim dan dhuafa dalam kegiatan Latihan Bersama (LATBER), yang bertempat di Blok Pejaten, Desa Kaplongan Lor, Kecamatan Karangampel, Kabupaten Indramayu, Minggu (28/2/2021).

Acara tersebut dihadiri oleh Pengurus Komunitas Perkutut Kaplongan beserta tamu undangan dari Indramayu, Kuningan, Cirebon, juga warga setempat.

Ketua panitia santunan anak yatim dan dhuafa, Satori, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Saya atas nama pribadi dan panitia memohon ma’af apabila selama kegiatan masih banyak kekurangan, semoga kedepan bisa lebih baik lagi,” kata Satori.

Sementara itu, Ketua komunitas perkutut kaplongan yang juga kepala SMK Nahdlatul ‘Ulama Krangkeng, Amin Hidayat, mengajak seluruh masyarakat menjadikan hobi sebagai salah satu cara perekat dan pemersatu bangsa, seperti halnya menjalin tali silaturahmi melalui kegiatan LATBER.

“Kegiatan seperti ini dapat mendekatkan masyarakat, dan menjadikan hobi sebagai perekat dan bentuk persatuan,” ucapnya.

Selain itu, lanjut Amin, kegiatan tersebut juga menjadi ajang berkumpulnya anak muda dari berbagai blok/dusun yang ada di wilayah Desa Kaplongan.

Tujuannya, menjadi ruang bagi anak muda untuk sama-sama berperan dalam membentuk citra bangsa atau biasa disebut nation branding. Seperti apa Desa Kaplongan ke depan, salah satuya bergantung pada keterlibatan generasi muda.

“Komunitas perkutut kaplongan menjaring partisipasi dari berbagai komunitas, ini sebagai langkah untuk mendukung upaya membangun kembali kesadaran masyarakat akan pentingnya persatuan,” ujar Amin.

“Harapannya, dengan adanya kegiatan ini juga dapat memicu masyarakat untuk bersama-sama bersatu padu menuju perubahan kaplongan yang lebih baik,” harap Amin.

Amin menuturkan, LATBER juga diharapkan bisa menjadi langkah awal masyarakat untuk bersama-sama membangun kembali kebanggaan tanah air dan menguatkan kembali semangat persatuan pemuda dan masyarakat kaplongan

“Kegiatan ini juga diyakini bisa memberikan suntikan semangat kepada anak muda untuk melangkah maju menggapai cita-cita,” tuturnya.

Dalam kegiatan itu turut hadir puluhan komunitas dari berbagai daerah, seperti Pencinta Perkutut Lokal Tegalgubug Cirebon (PPLT).

Lebih lanjut, Dia menjelaskan, seluruh kegiatan yang dilakukan, merupakan program kerja dari pengurus yang diselenggarakan rutin setiap dua minggu sekali.

Salah satu tujuannya adalah sebagai bentuk upaya menuntaskan kemiskinan memupuk pribadi yang baik, berbagi, dan berkasih sayang terhadap sesama, mempererat persaudaraan sesama muslim dengan saling membantu dalam beramal baik, menjadi fasilitator yang amanah bagi kaum aghnia (mampu) dan kaum yatim serta piatu.

Selain itu LATBER juga bertujuan untuk mencari kualitas burung perkutut di kaplongan yang nantinya dapat diajukan ke ajang perlomba’an di tingkat Nasional.

“Ini juga bisa untuk menjalin silaturrahmi sebagai media persatuan pemuda dan masyarakat, kalau nanti juara ikut event nasional kan juga membawa nama baik kaplongan,” tutup Amin.

Kegiatan tersebut dimulai dengan tahlilan dipimpin oleh Kyai Muhyidin merupakan tokoh masyarakat Kecamatan Kedokanbunder, dilanjutkan dengan santunan kepada anak yatim dan dhuafa, kemudian kegiatan LATBER, lalu makan bersama, dan ditutup dengan do’a.

comments