KMNU Padjadjaran Awali Tahun dengan Ziarah Walisongo

175

Jatinangor- Masa awal libur semester ganjil yang bertepatan dengan momen tahun baru 2017 dimanfaatkan  Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) Padjadjaran untuk melakukan ziarah Walisongo pada Jumat (30/12) hingga Selasa (3/1). Selain ziarah Walisongo, KMNU Padjadjaran juga bersilaturahmi dengan KMNU Universitas Airlangga (Unair) dan KMNU Yogyakarta.

1483506745733

Rangkaian ziarah perdana dalam sejarah KMNU Padjadjaran tersebut diawali dengan sambutan, ceramah agama, dan doa bersama  yang bertempat di Broklin Kampus Unpad Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Dalam sambutannya, pembina KMNU Padjadjaran Dr. Johar Arifin menyampaikan bahwa ziarah Walisongo merupakan waktu yang tepat bagi mahasiswa NU untuk mengetahui sejarah dakwah islam di tanah Jawa. Hal senada juga disampaikan ketua KMNU Padjadjaran Abdurrahman. “Tujuannya salah satunya adalah untuk mengetahui bagaimana perjuangan para wali dalam mendakwahkan islam di bumi Nusantara dan kita dapat mengetahui pengaruh dari peran tersebut ”, ungkap pria yang akrab dipanggil Oman itu.

Seusai pembukaan, rombongan bertolak ke makam Sunan Gunungjati sebagai tempat ziarah pertama. Setelah itu secara berurutan rombongan menziarahi makam Raden Fatah, Sunan Kalijaga, Sunan Kudus, Sunan Muria, Sunan Bonang, Sunan Drajat, Sunan Maulana Malik Ibrahim, Sunan Giri, Syekh Kholil Bangkalan, dan Sunan Ampel. Rangkaian ziarah wali tersebut diakhiri dengan ziarah ke makam para pendiri dan tokoh NU di Tebuireng, Jombang, Jawa Timur.

Di tengah agenda ziarah Walisongo, KMNU Padjadjaran juga menyempatkan bersilaturahmi dengan KMNU Unair dan KMNU se-Yogyakarta. Di Masjid Al-Akbar Surabaya, rombongan KMNU Padjadjaran disambut baik oleh KMNU Unair. Sambil duduk melingkar  terjadi diskusi seputar perkembangan KMNU Padjadjaran dan Unair. Hal serupa juga terjadi di Yogyakarta dimana rombongan KMNU Padjadjaran mendapat sambutan hangat dari KMNU Yogyakarta di Malioboro, Yogyakarta. Di kota Gudeg itu, rombongan KMNU Padjadjaran juga menyempatkan berkunjung kebeberapa tempat wisata, diantaranya Candi Prambanan dan Pasar Malioboro.

Ziarah Walisongo yang total diikuti oleh 56 peserta dan panitia ini mendapat apresiasi positif. Hani Nilhayati, peserta ziarah, mengungkapkan rasa syukurnya atas keikutsertaannya dalam ziarah ini.  Hani yang didampingi Ibunya dalam ziarah ini berterimakasih kepada panitia atas terselenggaranya acara ini. “Terimakasih ya buat ziarah walisongonya, sangat berkesan. Alhamdulillah saya seneng bisa nemenin ibu saya yang kepengen bgt ziarah dari tahun kapan, dan bisa terwujud juga sekarang bersama KMNU Padjadjaran”, ungkap Hani.

Sajatinya agenda ziarah telah dilaksanakan sejak tahun lalu oleh KMNU Padjadjaran. Tahun lalu KMNU Padjadjaran berziarah ke Cirebon dan sowan ke Pondok Pesantren Kempek. Kini setelah selesai menyelenggarakan ziarah Walisongo, Oman menyatakan bahwa agenda ziarah merupakan agenda tahunan KMNU Padjadjaran. “Insyallah akan menjadi agenda tahunan untuk ziarahnya” , tutur Oman.

Rombongan KMNU Padjadjaran sendiri tiba kembali dengan selamat di Jatinangor pada Selasa (3/1).  (Mohammad Fariansyah)

 

 

 

Comments

comments