KILAS BALIK 2019 GP ANSOR BANDUNG BARAT GENJOT KADERISASI MEMBENTENGI PANCASILA

82

RAPAT Kerja Cabang (Rakercab) Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Kabupaten Bandung Barat pada Januari 2019, mengamanatkan tahun 2019 sebagai tahun kaderisasi. Hal itu diimplementasikan oleh seluruh Pengurus Anak Cabang (PAC) di Kabupaten Bandung Barat yang berkewajiban menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpian Dasar (PKD) dan diperkuat dengan penyelenggaraan Kursus Banser Lanjutan (Susbalan) oleh Pengurus Cabang.

Kaderisasi menjadi hal yang wajib dilaksanakan, selain memperkuat amanat Pd/Prt Ansor, kaderisasi adalah rohnya organisasi. Tanpa kaderisasi suatu organisasi takan berkembang bahkan akan tinggal nama. Tercatat, GP Ansor KBB telah melakukan kaderiasi masing-masing 12 kali PKD dan Susbalan serta dua (2) kali penyelenggaraan dirosah ula.

Pola kaderisasi dilakukan sebagaimana spirit Ansor sebagai organisasi kepemudaan yang menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dalam wahana UUD 1945 (PBNU). Nilai-nilai itu senantiasa digelorakan dalam pembentukan kader-kader muda GP Ansor, alhasil kaderisasi GP Ansor Kabupaten Bandung Barat akan senantiasa melahirkan kader yang fatsun dan teguh menjadi banteng PBNU.

Di sisi lain, nilai-nilai Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) tentu akan terus menjadi pedoman kaderisasi GP Ansor, sehingga senantiasa menjadi api penerang dan penyemangat dalam setiap gerak langkah GP Ansor sebagai organisasi kepemudaan.

Seiring tahun politik pada 2019 lalu, GP Ansor Kabupaten Bandung Barat telah melahirkan kader yang tangguh dan kompetibel sehingga terdapat enam (6) orang kader yang menjadi anggota legislatif, lima (5) orang menjadi anggota DPRD KBB, dan satu (1) orang lainnya telah dilantik menjadi anggota DPRD Provinsi Jawa Barat.
Pun dengan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di KBB yang diselenggarakan pada akhir November 2019 lalu, GP Ansor telah menempatkan dua (2) orang kadernya. Yakni Wanhat GP Ansor KBB, Drs Ae Tajudin terpilih menjadi Kepala Desa Gadobangkong Kecamatan Ngamprah, serta Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Cipeundeuy, Dadan Buldani kini menjabat Kepala Desa Sukahaji Kecamatan Cipeundeuy.
Pada 2020 mendatang, PC GP Ansor KBB berencana menggelar Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan (PKL) dan direncanakan pula penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan SAR (Diklatsar) yang akan dilakukan oleh seluruh PAC GP Ansor di KBB.

“Tahun 2020 mendatang, Insya Alloh kami akan menggenjot kaderisasi yang berkelanjutan. Sekaligus mematangkan kader muda yang telah mengikuti PKD untuk bergerak maju mengisi nalar kepemimpinannya melalui PKL, sehingga kader semakin tangguh menjadi benteng Pancasila dan senantiasa menjaga keberagaman kerangka kebangsaan Indonesia dalam koridor Aswaja,” tegas Ketua GP Ansor KBB, Cecep Nedi Sugilar, M.Pd.
(frankmulya)

comments