Ketua PWNU Jabar Pinta Kader MKNU Kabupaten Bandung Contoh Keteladan Pendiri NU

167

Ansorjabar Online – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Bandung menggelar acara Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU) di Lanud Sulaiman TNI AU, Margahayu, Kabupaten Bandung yang dibuka pada Jumat (31/8/2018).

Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat, KH Hasan Nuri dalam sambutan pembukaan MKNU menjelaskan ada teladan yang ditanamkan dari para pendiri NU yang tidak boleh terlupa.

“Teladan yang ditanamkan para pendiri NU adalah adab tentang tawadlu, yakni akhlak atau adab saling menghargai antara satu dengan yang lainnya. Itu pesan Al-Quran, bahwa tidak boleh merasa diri yang paling baik atau sombong. Syetan dikeluarkan dari surga, karena sombong, merasa yang diciptakan lebih baik dibanding mahluk lainnya,” Ujar KH Hasan Nuri.

Makna MKNU, Ia melanjutnya, salah satunya adalah makna kemandirian. “Jangan tergantung kepada siapapun, termasuk posisi NU dalam negara seperti sejak zaman kolonialisme hingga zaman orde baru. kemandirian itu penting, seperti dicontohkan Rasulullah SAW dalam perjuangannya,” terangnya.

MKNU Kabupaten Bandung ini diikuti oleh sekitar 150 kader dan pengurus Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama.

Menyiapkan Kader Melalui MKNU

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama, KH Asep Djamaludin juga mengungkapkan bahwa kaderisasi adalah hal yang sangat penting dalam sebuah organisasi. Tanpa kaderisasi sebuah organisasi tak akan berjalan dengan baik.

“Kaderisasi juga sebagai upaya dalam penyiapkan kader pemimpin di masa yang akan datang,” jelasnya seperti yang dilansir dari galamedianew.com pada Sabtu (1/9/2018).

Dalam kesempatan yang sama dilakukan juga acara pelantikan pengurus baru Rabithal Ma’ahidil Islamiy (RMI) Kabupaten Bandung periode 2018-2021. Pelantikan dipimpin Ketua PCNU Kabupaten Bandung, KH. Asep Djamaludin.

Dalam acara MKNU hadir Kabag Op Binmas Polda Jabar yang mewakili Kapolda, AKBP Suminta, dari Lanud Sulaiman TNI AU Kabag Bintal, Mayor Juhana mewakili Danlanud, anggota DPR RI, Cucun Ahmad Syamsu Rijal serta pimpinan PNCU dan jajarannya juga Badan otonom dan lembaga di lingkungan PCNU Kabupaten Bandung. (RA)

comments