Kemerdekaan RI, Gus Tutut: Kita Perlu Mengambil Keteladanan Para Pejuang

1627

Kemerdekaan RI, Gus Tutut: Kita Perlu Mengambil Keteladanan Para Pejuang

Ansor Jabar Online – Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Tutut mengatakan, bangsa Indonesia perlu mengambil keteladan dan inspirasi dari para pejuang bangsa. Kegigihannya dalam memperjuangkan kemerdekaan harus terus diingat oleh generasi bangsa.

“Kita harus bisa menggali inspirasi dari perjuangan para syuhada yang telah mendahului kita. Inspirasi-inspirasi, kalaulah hidup itu selalu membutuhkan cita-cita besar,” ujarnya.

Pernyataan itu disampaikan Gus Yaqut saat menyampaikan amanat pada kegiatan apel 10.000 Banser Lawu bertema Maju satu barisan, bela agama bangsa negeri yang digelar di kawasan Telaga Sarangan, Magetan, Jawa Timur pada Jumat (17/8/2018).

Menurutnya perjuangan dalam sebuah kehidupan selalu berdasarkan sebuah cita-cita besar. Manusia tidak bisa hidup dan merasakan sebuah perjuangan bila di jiwanya tidak memiliki cita-cita.

“Dulu para pendiri negara ini memiliki cita-cita yang sangat besar, ingin memerdekakan diri, ingin melepaskan diri dari mereka yang ingin menjajah. Dari mereka yang ingin merampok kedaulatan yang kita miliki,” jelasnya.

Sebagai generasi, lanjutnya, bangsa yang dahulu tidak ikut angkat senjata, tidak ikut berjuang mengusir penjajah, bukan berarti tugas lebih ringan.

“Sahabat-sahabat, tugas kita saat ini saya pastikan jauh lebih berat. Karena kita tahu dalam setiap pertahanan, dalam mempertahankan sesuatu pasti jauh lebih berat daripada merebutnya,” lanjutnya seperti yang dilansir dari Nuonline.
Oleh karenanya, tambahnya, sebagai generasi bangsa harus selalu ingat dan mengambil inspirasi dari para pejuang bangsa yang telah gigih merebut kemerdekaan hingga nikmat kemerdekaan bisa dirasakan oleh seluruh anak bangsa. (RA)

comments