Kementerian Agama Akan Menggelar AICIS Sebulan Lagi

1365

Kementerian Agama Akan Menggelar AICIS Sebulan Lagi

Bintaro—Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendidikan Islam akan menggelar Annual International Conference of Islamic Studies (AICIS) sebulan lagi, tepatnya pada tanggal 17-20 September 2018. Kepastian itu disampaikan Arskal Salim di sela-sela kegiatan Focus Group Discuccon Rapat Persiapan Penyelenggaraan AICIS pada Senin (20/8) di Bintaro Tangeran Selatan.

Arskal Salim mengharapkan agar penyelenggaran even bergengsi ini dapat dirasakan manfaatnya oleh bangsa ini dan gaungnya dapat di dengar di kancah internasional. “Website AICIS bisa menjadi piranti melakukan internasionalisasi AICIS di dunia internasional”, kata Arskal.

Lebih lanjut dikatakan Arskal, kita semua termasuk tuan rumah IAIN Palu untuk mempersiapkan secara matang baik desain acara, kepastian peserta dari luar negeri, publikasi secara massif hingga rencana Presiden Joko Widodo untuk membuka acara ini.

Guru Besar UIN Jakarta ini juga berharap agar ratusan paper yang disajikan oleh para peserta yang note benenya akademisi papan atas baik dalam dan luar negeri bisa dipublikasikan pada jurnal-jurnal bertaraf internasional.

Melalui tema Islam dalam Dunia Global: Teks Pengetahuan dan Praktek, Direktur yang juga Alumni Pesantren Daarur Rahman Jakarta ini diharapkan menjadi momen penting mensosialisasikan ide, gagasan dan karya-karya ilmiyah civitas akademika PTKI di panggung internasional.

Mamat Salamat Burhanuddin Kasubdit Akademik Direktorat PTKI mengatakan AICIS kali ini merupakan gelaran untuk yang ke-18 kali dan dilaksanakan di tahun 2018. Tidak kurang dari 2000 para akademisi dalam dan luar negeri akan ambil bagian dalam perhelatan Konferensi Internasional ini.

Direncanakan hampir 400 para penyaji makalah akan tampil mengangkat masalah-masalah ke-Islaman, ilmu pengetahuan dan teknologi, ekonimi Islam, sosial humaniora dan dunia global, lanjut Mamat.

Terkait dengan publikasi kegiatan Mamat Salamat mengatakan akan mengoptimalkan media sosial yang disinergikan dengan media mainstream secara efektif. Pada saat yang bersamaan akan menggandeng 58 Humas PTKIN untuk membantu sosialisasi dan publikasi AICIS.

Kegiatan Focus Group Discuccon Rapat Persiapan Penyelenggaraan AICIS dilaksanakan pada tanggal 19-21 Agustus 2018 dan dihadiri oleh beberapa akademisi dari UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta, IAIN Pontianak, IAIN Surakarta, dan IAIN Palu sebagai tuan rumah. Juga panitia dari unsur Ditjen Pendidikan Islam.(RB)

comments