Kemenag Akan Gelar Perkemahan Wirakarya Nasional di UIN Palembang

4

Palembang–Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam akan menggelar Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW PTK) Tingkat Nasional pada Oktober mendatang di UIN Raden Fatah Palembang.

Informasi itu mengemuka pada Focus Group Discussion (FGD) Forum Warek/Waket Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama PTKIN se-Indonesia, pada 22-24 Januari 2020 di Palembang.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Arskal Salim GP mengatakan PW PTK Tingkat Nasional yang akan di gelar untuk kali ke-15 ini, berbeda dan harus ada inovasi-inovasi yang dilakukan.

Arskal berharap salah satu bentuk inovasi adalah dari sisi kepesertaan, jangan hanya diikuti oleh kalangan pramuka Pendidikan Tinggi Keagamaan di Indonesia saja, tetapi mengikutsertakan Gerakan Pramuka dari luar negeri setidaknya negara-negara ASEAN.

Harapan ini tidak berlebihan, mengingat Palembang pernah menyelenggarakan ASEAN Games. Selain itu kalangan PTKIN telah melakukan program student mobility program (SMP) ke Singapura, Thailan dan Malaysia, ujar kata Guru Besar UIN Jakarta ini.

Rektor UIN Palembang M. Sirozi mengungkapkan kegembiraannya lantaran perguruan tinggi yang dipimpinnya, dipercaya oleh Kemenag menjadi tuan rumah gelaran PW PTK yang bergengsi di kalangan mahasiswa PTKI ini.

“Kami sangat berbahagia atas amanah menjadi tuan rumah PW PTK 2020 yang akan dihadiri Pramuka tingkat ASEAN”, ujar Sirozi.

Ia menjelaskan, kegiatan PW PTK ke-15 akan bertempat di Kampus C UIN di kawasan Payakabung Ogan Ilir dengan lahan seluas 108 hektar. “Kita sudah plot 10 Ha untuk lokasi PW dan jarak tempuh dari Bandara ke lokasi perkemahan hanya 30 menit”.

Rina Antasari WR III UIN Rafa Palembang berharap dukungan dari pelbagai pihak utamanya Wakil Rektor/Wakil Ketua PTKIN se-Indonesia karena menjadi tuan rumah even yang akan melibatkan kurang lebih 4.000 pramuka tingkat nasional tidak mudah.

Ruchman Basori Kasubdit Sarpras dan kemahasiswaan mengatakan berdasarkan kesepakatan forum, PW PTK Tingkat Nasional akan di gelar pada tanggal 5-10 Oktober 2020 di Bumi Perkemahan Kampus C UIN Raden Fatah Palembang.

Ruchman berharap PW PTK Nasional akan memperkuat semangat kebangsaan dan moderasi beragama di tengah tantangan gerakan trans nasional. “Pramuka menjadi pintu masuk desiminasi nilai-nilai kebangsaan dikalangan mahasiswa PTKI”, katanya.

Selain membahas rencana PW PTK FGD Bidang Kemahasiswaan juga membahas evaluasi program-program kemahasiswaan tahun 2019 dan implementasi program 2020 dan Implementasi Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang akan dilaksanakan mulai tahun 2020.

Arskal mengapresiasi kegiatan bidang kemahasiswaan, yang dinilianya sangat sukses, dindikasikan dengan program-program besar yang telah dilaksanakan, diantaranya Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) di UIN Malang, Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) PTKI dengan memperkuat moderasi beragama dan Student Mobility Program.(RB)

comments