Kang Said Sebut Kiai NU di Kampung-kampung Perekat Umat

443

Jakarta, NU Online
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj (Kang Said) mengajak ratusan jamaah dan sejumlah menteri yang hadir pada peringatan Harlah Ke-91 NU untuk kembali menengok peran penting para kiai di kampong-kampung di Indonesia. Menurut Kang Said, para kiai di kampung-kampung berjasa besar dalam penguatan masyarakat.

Demikian disampaikan Kang Said dalam pidato kebudayaan pada peringatan Harlah Ke-91 NU di halaman Gedung PBNU, Jalan Kramat Raya Nomor 164, Jakarta Pusat, Selasa (31/1) malam.

“NU adalah Islam Ahlussunah wal Jamaah. Ini yang diamalkan kiai-kiai di kampung. Mereka selalu menganjurkan masyarakat untuk hidup rukun dengan tetangga,” kata Kang Said.

Pengasuh Pesantren Ats-Tsaqafah Ciganjur ini juga menyorot peran para kiai kampung dalam membangun semangat gotong-royong di tengah masyarakat. Para kiai selama ini berhasil mendorong masyarakat terlibat aktif untuk saling membantu satu sama lain.

“Para kiai meminta masyarakat sabar kalau ada musibah. Kiai kampung membangun optimis. Optimis ini penting. Ini membangun karakter bangsa,” kata Kang Said.

Menurutnya, peran kiai-kiai NU di perkampungan merupakan kelanjutan dari semangat dakwah Wali Songo dalam membangun masyarakat.

“Ini dilakukan kiai kampung. Mereka mewarisi perjuangan dakwah Wali Songo. Bukan seperti sebagian Muslim sekarang yang sebentar-sebentar sweeping,” kata Kang Said. (Alhafiz K)

Sumber : NU Online

Comments

comments