Kang Jambrong : Santri Pewaris Sejarah Negeri ini

323

 

Cianjur, AnsorJabar Online-, Cinta tanah air merupakan perintah agama yang harus bersemayam pada setiap generasi muslim sebagaimana telah diajarkan oleh para ulama pesantren semenjak dahulu kala.

Pesan ini disampaikan oleh Wakil Sekretaris Bidang Organisasi Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Jawa Barat Agus “Jambrong” Djaelani dalam acara Latihan Dasar Kepemimpinan Santri (LDKS), di Ponpes Al-Ittihad, Cianjur, Selasa (2012).

Dihadapan ratusan calon pengurus santri ini, Kang Jambrong memaparkan peran kesejarahan Ulama dan Santri dalam turut serta memperjuangkan kemerdekaan dan berdirinya Republik Indonesia.

“Sejak lama Pondok Pesantren melalui Ulama dan Santrinya ikut terlibat memerdekakan Indonesia dari cengkraman para penjajah. Demikian pula, Ulama dan santri tetap istiqomah menghadapi berbagai rongrongan yang mengancam kemerdekaan bangsanya. Karena bagi Ulama dan Santri, menjaga dan membela kepentingan bangsa-Negara merupakan kewajiban syariat agama”, kata Kang Jambrong.

Dikatakan olehnya, kesadaran sejarah ini penting untuk terus dicatat oleh setiap generasi muslim calon pemimpin masa depan.

“Jangan pernah merasa kecil hati dan minder sebagai seorang santri. Karena sahabat-sahabat sekalian merupakan pewaris sah sejarah negeri ini. Selain bekal pengetahuan agama sebagai benteng moral kehidupan, dunia yang semakin global mengharuskan para santri untuk terus menambah wawasan baru yang relevan dengan perkembangan zaman agar mampu memenangkan persaingan dimasa depan”, tandas Kang Jambrong. (Rus).

comments