KAA, PMII dan NU (edisi yg ingat)

205

Oleh Zaini Shofari (Sekjen PB PMII 2008-2011)

Hotel Swarha, tepat di samping kiri Mesjid Agung Bandung dulu dijadikan tempat menginap bagi para delegasi KAA 1955, khususnya jurnalis. Selain itu yang utama di Hotel Homann.

Swarha ini dulunya bernama Swarha Islamic. Bahkan Sekretariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Bandung di awal pendirian 1960-1964 pernah berkantor di lantai 4 gedung ini, termasuk Fatayat.

“Saya biasa ke atas di lantai 4 ke sekretariat PMII. Sapedah dicangcang di handap (sepeda dikunci di bawah)”, terang Hilman Badruddin Syah pendiri PMII yg ditemui medio 2010 di kediamannya.

“Sepanjang Jalan Dalem Kaum dan sekitarnya dulu itu tanah orang-orang NU. Dari Homann sampai Mesjid Agung. Bahkan, dulu acara PMII itu sering di Homann krn milik orang NU, sering gratis tinggal bilang saja”, tambah lulusan Komunikasi Unpad yg menjadi Komisaris Pikiran Rakyat (PR) yg sebelumnya menjadi Pimpinan Perusahaan PR.

Hilman BS menjelaskan, Kiai Anwar Musaddad yg paling berjasa dalam menyatukan mahasiswa NU di Yogyakarta. Kiai Anwar Musaddad kelahiran Garut ini merupakan pencetus Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) pertama Kementerian Agama yg didirikan di Yogyakarta, yang sekarang menjadi UIN dan IAIN. Dan sempat menjadi Rektor pertama IAIN Bandung tahun 1968-1974.

Saat pertama kali berkumpul di Yogyakarta seluruhnya dibiayai Kiai Anwar. Bahkan, yg memasaknya pun istri Kiai Anwar, Ibu Atikah.

Selanjutnya, pada pertemuan kedua di Surabaya barulah PMII dibentuk. Dan 17 April 1960 dijadikan hari kelahiran bersamaan dgn 13 orang mahasiswa sebagai pendirinya, salah satunya Hilman BS.

Hilman BS meninggal 25 Mei 2012 di usia 73. Dimakamkan di Limbangan Garut. Jasanya terus mengalir, kadernya semakin banyak, organisasinya semakin kokoh.
Sekarang di sekitar Dalem Kaum masih berdiri kokoh Yayasan yang besar “warisan” NU bernama Assalam, tepatnya di Jln Sasak Gantung Bandung.

Assalam ini mengkhususkan diri pd bidang pendidikan TK, SD, SMP, SMA dan pesantren yg merupakan salah satu sekolah favorit di Kota Bandung krn dikelola profesional dipimpin Hb. Syarif Muhammad (mantan Ketua PWNU Jabar).

SELAMAT HARI LAHIR PMII KU

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Comments

comments