Jokowi Ikut Tahlilan Haul Gus Dur di Ciganjur

306

Jakarta, NU Online

Presiden Joko Widodo menghadiri acara puncak Haul Ke-7 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Jalan Warung Silah Nomor 10, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jumat (23/12) malam ini.

Dengan pengawalan ketat aparat keamanan, Jokowi tiba di lokasi acara disambut Nyai Shinta Nuriyah Rahman Wahid dan keluarga. Bersama ribuan hadirin, Jokowi tampak khusyuk mengikuti sesi menyanyikan Indonesia Raya dan syair karya KH Wahab Chasbullah, Mars Syubbanul Wathan, serta pembacaan tahlil.

Tahlil dipimpin KH Azis Masyhuri, mantan ketua Pengurus Pusat Rabithah Ma’ahid Islamiyah NU (RMINU). Hadir dalam acara yang mengusung tema “Ngaji Gus Dur: Menebar Damai, Menuai Rahmat” ini Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj, para kiai dan tokoh-tokoh lainnya.

Ribuan pengunjung memadati kompleks Yayasan KH Abdul Wahid Hasyim sejak sore. Mereka yang berasal dari Jabodetabek ini datang dengan bus rombongan, angkot, sepeda motor, mobil pribadi, hingga jalan kaki. Membludaknya peserta sempat membuat Jalan Warung Silah Ciganjur.

Sebelumnya telah digelar khataman Al-Qur’an oleh para hafidz dari Jam’iyyatul Qurra’ wal Huffadh Nahdlatul Ulama (JQHNU) Depok sejak pagi hingga sore. Malam ini selain taushiyah dan testimoni¬† acara juga akan diisi dengan deklarasi damai dan pembacaan puisi oleh para seniman. (Mahbib)

Sumber: NU Online

comments