JIMAT SEBAGAI PENANGKAL, ANSOR SUMEDANG UTARA SIAP LAWAN FAHAM RADIKALISME

195

JIMAT SEBAGAI PENANGKAL, ANSOR SUMEDANG UTARA SIAP LAWAN FAHAM RADIKALISME

KOTA-Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Sumedang Utara mengadakan kegiatan upgrading pengurus dengan dibalut nama Ngaji Jumat (JIMAT) pada jum’at (6/9) di Kampus SMK Ma’arif 2 Sumedang.

Kegiatan yang dihadiri Wakil Ketua PC GP Ansor Kabupaten Sumedang, Sahabat Acep Komaruddin ini membedah tugas-tugas pengurus di kecamatan agar gerak organisasi pemuda NU di kecamatan ini lebih dinamis. Selain membedah tugas-tugas pengurus, jimat (Ngaji Jumat.red) kali ini digunakan juga untuk membahas segala permasalahan yang ada di sumedang terkait gerakan-gerakan Faham Radikalisme di sekitaran Sumedang kota, mengingat kecamatan ini merupakan tengah-tengah Kabupaten Sumedang.

Di akui atau tidak, gerkan-gerakan HTI yang meskipun telah dibubarkan oleh pemerintah, namun upaya penyebaran faham wahabi masih terus dilakukan oleh eks HTI di Kabupaten sumedang diantaranya melalui pengajian di mesjid-mesjid komplek perumahan di kabupaten Sumedang.

Seperti yang diungkapkan Ketua PAC MDS Rijalul Ansor “Pengajian mingguan di masjid-mesjid banyak yang isi nya membid’ah kan amaliah warga NU, bahkan jamaah yang hadir mencapai puluhan”, ungkap Farid.

Wakil Ketua PC GP Ansor Sumedang, Sahabat Acep Komaruddin menanggapi “Bahwa Langkah awal yang harus dilakukan Ansor adalah dengan melakukan pembangunan Kapasitas SDM Anggota dan kader supaya bisa menjwab berbagai tantangan dan me jadi solusi bagi permasalahan yang ada.” Ujar Acep.

Dari berbagai bahasan mengenai menangkal gerakan-gerakan wahabi, muncul solusi dari para pengurus diantaranya pembentukan Ranting Ansor di desa/kelurahan, melakukan pengajian dan kajian serta branding di berbagai platform media sosial supaya lebih ditingkatkan.

Selain itu, kembali menegaskan kepada masyarakat luas, bahwa semua amaliah yang sering dilakukan oleh mereka adalah amaliah NU dan sesuai dengan syariat agama. Penguatan itu di fokus di tugaskan kepada sahabat-sahabat Rijalul Ansor Kecamatan Sumedang Utara. (Facrizal)

comments