Ingatkan Banjir, PMII Majalengka Aksi Pungut Sampah

206

MAJALENGKA – Puluhan massa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Majalengka melakukan pungut sampah di sekitaran Alun-alun Kota Majalengka, Minggu (20/11/2016).

Aksi tersebut merupakan bentuk keprihatinan atas musibah banjir yang marak terjadi di sejumlah daerah di Jawa Barat, khususnya di Majalengka.

Ketua Umum PMII Cabang Majalengka, Fauzi Akbar Rudiansyah mengatakan, aksi pungut sampah tersebut juga sebagai bentuk seruan moral kepada masyarakat agar sedini mungkin menjaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya.

“Permasalahan banjir sebetulnya bisa dihindari jika masyarakat sadar akan pentingnya tidak sembarangan membuang sampah,” ujar di sela-sela aksi pungut sampah.

Dikatakan, PMII sebagai organisasi yang landasan pergerakannya memiliki tanggungjawab secara mengikat, yakni Hablun Minal Alam (Menjaga Alam, red). “Nilai Dasar Pergerakan (NDP) Kita sudah jelas yakni menjaga Alam itu merupakan sebuah keharusan,” katanya.

Aksi pungut sampah tersebut diikuti oleh puluhan kader PMII se Kabupaten majalengka bekerjasama dengan Akampa UNMA, Senat Mahasiswa Fakultas Teknik, BPM Fakultas Teknik, juga Senat Mahasiswa STAI PUI Majalengka.

PMII juga mengajak beberapa komunitas dan masyarakat yang sedang menikmati suasana car free day untuk lebih menjaga lingkungan. (Ade Mahmudin)

 

comments