IMIKI Bandung Raya Suarakan Persatuan

18

JATINANGOR – Ikatan Mahasiswa Bandung Raya menilai di tengah ragamnya bangsa Indonesia kerap kali mendapatkan ujian perpecahan. Persoalannya hanya masalah komunikasi, atas dasar itu penting sekali di bangun komunikasi yang baik.

“Perlu di bangun komunikasi yang baik dari sisi sosiologis dan kebijakan publik untuk merajut harmoni di tengah bangsa yang beragam,” ungkap Muhtar Ketua IMIKI Bandung Raya saat acara diskusi yang bertajuk mengeja persatuan, merawat komunikasi dan merajut harmoni, Senin (30/09/2019) , Gedung 1 Fikom UNPAD Jatinangor.

Menurutnya, penting sekali membangun kesadaran generasi milenial tentang menjaga persatuan dari berbagai sudut.

“Utamanya sudut pandang komunikasi, sosiologis serta kebijakan publik di tengah panasnya kondisi sosial dan kebangsaan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua IMIKI Pusat Mahbub Ubaedi Alwi berharap dialog dan kampanye tentang Persatuan harus terus digelorakan diberbagai ruang di tengah ujian politik, ekonomi, paham keagamaan serta paham ideologi yang bertentangan dengan falsafah kebangsa akhir-akhir ini.

“Generasi milenial harus pula ikut menjaga persatuan, Dimulai dari dialog, semoga setelahnya dapat ditindaklanjuti dengan langkah programatik konkrit untuk mewujudkan Persatuan Indonesia,” ungkapnya.

Pengamat Politik dari Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia Dwi Winarno mengatakan dalam merajut persoalan yang kini berkembang perlu dibangun komunikasi humanis menggunakan pendekatan kebudayaan agar konflik-konflik horizotal tidak memakan korban.

“Penyelesaian konflik jangan menggunakan Pendekatan militeristik, namun pendekatan kebudayaan yang di utamakan,” ujarnya.

comments