Ikhtiar Selamatkan Lingkungan, PAC Ansor Cibatu Adakan Penghijauan

162

Cibatu, (Ansorjabar Online)

Pembangunan daerah dengan menapikan kelestarian lingkungan hidup seringkali mengakibatkan kerugian bagi masyarakat seperti bencana yang menimpa masyarakat Garut beberapa bulan yang lalu.

Sebagai bentuk kepedulian atas kondisi lingkungan hidup di Kecataman Cibatu Kabupaten Garut, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor setempat melaksanakan program penghijauan.

“Berdasarkan data dari Dinas Perhutani Provinsi Jawabarat, bahwa lebih dari 80% wilayah di kabupaten Garut adalah wilayah konservasi, namun dikarenakan banyak oknum yang menebang pohon sembarangan, banyak hutan yang sudah krisis akan pohon hijau tersebut, sehingga sangat rentan terhadap terjadinya bencana alam” kata salah seorang pengurus Ansor Cibatu Aceng Alfa.

Direncanakan penghijauan ini di laksanakan dengan menanam sekitar 80000 pohon di hutan konservasi dan pegunungan wilayah Cibatu.

“Alhamdulilah atas kerjasama kader dan simpatisan Ansor sebanyak 5000 pohon telah terealisasi dibeberapa desa. Sisanya 3000 bibit pohon lagi untuk segera ditanam “, lanjutnya.

Menurut Aceng, Ansor Cibatu merasa bersyukur karena program penghijauan ini mendapatkan apresiasi dari seluruh instansi pemrintah di kecamatan cibatu dan dari masyarakat setempat.

“Mudah-mudahan ini adalah salah satu syi’ar kita dalam membangun kesadaran pembangunan yang berwawasan lingkungan hidup”, ujar Aceng.

Ia berharap, PAC Ansor Cibatu bersama Pimpinan Cabang Garut dapat menjadi pelopor penghijauan untuk menjadikan Garut sebagai lumbung pohon jawabarat (edi).

Comments

comments