Ikhtiar Memutus Penyebaran Covid-19, Tenaga Kependidikan SMK Nahdlatul ‘Ulama Krangkeng Laksanakan Vaksinasi

Sebagai bentuk ikhtiar memutus mata rantai penyebaran Covid-19, seluruh Guru, Kepala Sekolah dan Staf TU SMK Nahdlatul ‘Ulama (NU) Krangkeng melaksanakan vaksinasi Covid-19 dosis ke dua di Puskesmas Kedungwungu, Kecamatan Krangkeng, Kamis (15/4/2021).

“Alhamdulillah pagi ini kita bisa mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19 dosis ke dua sebagai bentuk ikhtiar menjaga kesehatan pelayan publik di bidang pendidikan,” ujar Kepala SMK NU Krangkeng yang juga wakil Sekretaris MWC NU Krangkeng, Amin Hidayat.

Amin menerangkan, proses vaksinasi bertujuh agar seseorang menjadi lebih kebal dan terlindungi dari penyakit tertentu dalam hal ini adalah Covid-19. Dengan menerima vaksin, maka seseorang tersebut akan memiliki gejala yang lebih ringan dibanding orang yang belum menerima vaksin.

“Manfa’at yang bisa diperoleh pada vaksinasi Covid-19 yaitu dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19. Vaksinasi juga dapat memicu sistem imunitas tubuh untuk melawan virus Corona,” terangnya.

Menurut Amin, seseorang yang sudah divaksin kemudian tertular Covid-19, maka vaksin tersebut dapat mencegah terjadinya gejala yang berat dan komplikasi. Selain itu, vaksin juga dapat melindungi orang-orang di sekitarnya, terutama kelompok yang sangat berisiko, seperti lansia yang umurnya di atas 70 tahun.

“Vaksin Covid-19 juga mampu mendorong terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity-red) dalam masyarakat, orang yang tidak bisa mendapatkan vaksin, misalnya bayi baru lahir, lansia, atau penderita kelainan sistem imun tertentu, bisa mendapatkan perlindungan dari orang-orang di sekitarnya,” tutup Amin Hidayat.

Kegiatan dimulai pukul 08.00-11.00 WIB, dilakukan secara bertahap. Dari pendaftaran, pemeriksaan kesehatan, setelah itu proses vaksinasi Covid-19 dosis ke dua.

comments