Ibu Tonggak Keberhasilan Keluarga

170

SUBANG – Al-ummu madrosatul ula’idza a’dadtaha a’dadta sya’ban thayyibal a’raq. (Ibu adalah sekolah utama, bila engkau mempersiapkannya, maka engkau telah mempersiapkan generasi terbaik).

Demikian bunyi sebuah syair arab yang dilantunkan Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Subang, Hj. Iis Salamah untuk mengingatkan betapa pentingnya posisi seorang ibu dalam mempersiapkan generasi terbaik.

Bukan tanpa alasan, Hj. Iis yang merupakan seorang penceramah tersebut kembali mengingatkan di momentum Hari Ibu yang jatuh pada hari ini, Kamis (22/12/2016) memiliki harapan besar bahwa kita harus menyadari betul peran seorang ibu.

“Dalam sya’ir tadi sangatlah jelas bahwa seorang Ibu itu merupakan tonggak keberhasilan keluarga. Ibu adalah pendidik yang pertama dan utama,” ujar Hj. Iis.

Dalam hal itu, dirinya berpesan kepada seluruh kaum ibu untuk tidak nosan-bosannya memberikan pencerahan kepada keluarga, anak-anak dan generasi muda disekitarnya.

“Karena kegagalan masa depan generasi bangsa, diantaranya akibat ketidakberhasilan seorang ibu dalam mendidik putra putrinya,” ucapnya.

Selain itu, ia juga berpesan kepada segenap generasi muda agar selalu hormat dan ta’dzhim kepada orang tua terutama Ibu.

“Ibu yang mengandung dan melahirkan kita. Ibu juga yang dengan ikhlas merawat dan membesarkan kita. Bahkan nama kita selalu diucapkan dalam setiap nafas dan do’a-do’anya. Maka hormatilah, jangan sekali-kali kita membentak, apalagi melawan,” pungkasnya. (Ade Mahmudin)

comments