Hoax Di Tengah Arus Informasi

246

Setiap detik kita seakan tidak lepas dengan akses teknologi, informasi sudah menjadi kosumsi sehari-hari bagi kita seperti kita membuka facebook dan instagram sudah selayaknya sepasang kekasih kalau ga buka media sosial tidak keliatan gaul dan takut disangka gaptek.
Tapi, adanya arus informasi yang begitu besar seakan membuat kita tidak sadar untuk mengkosumsi berita dengan sehat dalam dunia digital, adanya media sosial ini munculah gejala “Hoax” yang lagi ngetren di era media ini.

Berita Hoax sudah melekat dalam era arus informasi yang begitu besar seakan menjadi bagian kebenaran menjadi bagian sebuah informasi muncul suatu tanda tanya besar akar dari masalah “Hoax”?.

Bila kita mengintip cuplikan statement yang disampaikan oleh Rocky Gerung Dosen UI mengatakan ” Hoax dalam pandangannya adalah sebuah gejala: bahwa ada sesuatu yang bergejolak dalam opini publik yang tidak sanggup dikedalikan oleh pemerintah.”ujarnya.

Uraian roky gerung hoax ini gejolak fenomena informasi yang hilang kendali akal sehat, sehingga ini yang pada akhirnya berita hoax merajalela dalam kehidupan arus informasi.
Lalu,bagaimana menjadi konsumen informasi yang baik?di sini menjadi catatan untuk kita agar lebih sehat dalam memilah dan membaca suatu informasi awal dari pikiran kita.

Selain dari itu pula, teringat perkataan statement roky gerung untuk melawan hoax itu “Pemerintah harus cukup beradab untuk mengerti bahwa peredaran lalu lintas informasi membutuhkan filter pertama, yaitu kecerdasan publik. Dan kecerdasan publik itu bukan urusan pemerintah untuk mengatur”ujar Rocky Gerung Dosen UI

Publik harus menjadi sebagai “Editor sendiri dan menjadi pengolah informasi yang mandiri” dalam melawan berita “Hoax”, dengan menjadi konsumen yang sehat dan pelaku dalam informasi itu sendiri dengan melakukan beberapa hal dari mulai punya frame akal postif dalam jurnalisme berita informasi langkah menimbang informasi dari beberapa sumber tidak hanya dari satu sumber saja, melainkan dengan memilah informasi dan mengolah informasi dengan positif agar jadi konsumen pengguna mengkosumsi informasi yang baik dengan kembali melek terhadap media massa yang menyuguhkan berita dan informasi baik agar kita bisa berawal melakukan “frame akal sehat dalam dunia informasi dalam menangkal berita Hoax”

Sumber
http://m.voa-islam.com/news/intelligent/2017/01/09/48292/dosen-ui-rocky-gerung-hoax-terbaik-adalah-versi-penguasa-6553265532/
http://m.republika.co.id/berita/nasional/umum/17/01/18/ojybry361-karni-ilyas-kaget-rocky-gerung-kritik-keras-pemerintah-soal-hoax

Penulis :Rangga Julian Hadi.S.Hum
Kader PMII Kab.Bandung
Kordinator Komunitas SALIM

Comments

comments