Hijab: Diantara Menutup Aurat dan Fashion

484

Oleh: Yayu Nurhasanah *)

Indonesia merupakan Negara muslim terbesar di dunia, Lebih dari setengah penduduk Indonesia adalah pemeluk agama islam. Demikian, identiknya untuk pemeluk kaum perempuan menutup aurat nya dengan tertib, atau biasa disebut dengan hijab.

Saat ini, muslimah dimanjakan dengan banyaknya pakaian muslim dan hijab yang cantik dan modis. Kreasi berhijab pun semakin banyak, Namun, demikian di dunia fashion pun ada saat nya berkembang, ada pula saatnya berkurang karena kebosanan manusia mencari yang lebih menarik lagi.

Perkembangan hijab masa kini bisa jadi mengurangi pesona fashion kita dalam menggunakan hijab tersebut. Tutorial hijab masa kini sudah tak terhitung jumlahnya. Di satu sisi, hal ini membuat wanita muslim bisa memilih gaya hijab yang sesuai dengannya. Namun, di sisi lain, terdapat beberapa problema bagi hijabers masa kini,

Hijab adalah penghalang atau kerudung yang digunakan oleh wanita muslim Yang Biasa disebut juga dengan Jilbab Namun dalam pandangan islam, hijab lebih tepat merujuk kepada tatacara berpakaian yang pantas sesuai dengan tuntunan agama islam. Jadi kaum wanita yang tidak memakainya, mereka telah mengingkari hukum syariat Islam.

Tak sedikit perempuan Indonesia yang menggunakan hijab, dilihat dari sisi kiri-kanan pasti ingin terlihat mereka yang serasi dengan warna-warni jilbab yang anggun. Entah itu syar’i atau mode kekinian.

Mereka memandang bahwa berhijab atau menutupi aurat (kewajiban bagi muslimat) bukanalah suatu pilihan, tapi sebuah keharusan yang wajib ditaati oleh kaum hawa umat islam dimanapun,

Seperti yang telah penulis baca dan  mengkutip Dalam kitab Al Qur’an surat Al-Ahzab :59 Allah Berfirman ;

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Semata-mata itu menjadi bukti kasi sayang Allah swt kepada hambanya agar terhindar dari godaan syetan yang berkeliaran. Tak jarang kita temui kasus-kasus pelecehan dan pemerkosaan terhadap mereka yang pakaian nya terbuka, Itu berarti bahwa hijab seharusnya dijadikan sebuah identitas dan tameng untuk para kaum hawa, Disamping menjadi salah satu ketaatan terhadap perintah Tuhan.

Tak dipungkiri, hijab indonseia di dunia fashion muslimah mulai digemari di kancah internasional, mulai dari muda sampai tua, tak mengenal etnis atau budaya. Kini pakaian mode hijab sudah bisa kita jumpai dimana-mana.

Lalu bagaimana pandangan mereka terhadap hijab??? Penulis berkomunikasi dengan beberapa teman warga negara asing. Beliau berkata”

“We do not wear clothes like that here.. But i swear, they clothes are very cool. They look more beautiful.” 

 “Kami tidak memakai pakaian seperti itu disini, pakaian mereka sangat keren. Mereka terlihat lebih cantik.” Katanya Lia, perempuan berkewarganegaraan brazil yang saat itu berkomunikasi via Whatsapp.

Dan begitupun menurut Jan, salah satu Mahasiswa sastra arab Tajikistan yang juga dihubungi via Whatsapp.

“They are my sisters, I’m in love with a woman who wear a hijab. I really crush on them.”

“Mereka adalah saudaraku, aku jatuh hati pada perempuan yang memakai hijab. Aku mengagumi mereka”

Itu menjadikan bukti bahwa hijab di mata dunia sangat berpengaruh terhadap perkembangan dunia fashion di kancah internasional. Dan menjadikan ciri bahwa menutup aurat adalah salah satu bentuk perkembangan zaman.

Hijab bukan ciri perempuan alim dan sholehah, tapi bentuk ketaatan terhadap perintah Tuhan. hijab bukanlah sebuah fashion, yang dimana hijab pada saat ini khusus nya di indonesia dijadikan sebuah trend model fhasion dalam bergaul tetapi hijab adalah sebuah ciri ataupun identitas,sebuah ketaatan umatnya atas perintah Tuhannya.

* Mahasiswi STAI Muttaqien dan Kader PMII Purwakarta

 

 

 

Comments

comments