Harlah ke 57, PC PMII SIDOARJO Hadirkan dewan Ahli ISNU SIDOARJO

96

Sidoarjo, (ansorjabar online)
Bertempat di Aula Pemkab Sidoarjo, Sabtu (23/4), berlangsung puncak rangkaian Harlah PMII ke 57. Acara yang digelar PC PMII Sidoarjo itu menghadirkan Dewan Ahli PC ISNU Sidoarjo Prof. Masdar Hilmy, MA, Ph.D. Dengan tema Menperkokoh Local Wisdom Demi Keutuhan NKRI, Guru Besar Uinsa itu mengupas mengapa penting mengkaji tema Local Wisdom atau Kearifan Lokal dalam Harlah ke 57.

Di usia yang sudah matang ini, PMII dihadapkan persoalan yang dihadapi NU. Sebagai anak kandung NU, PMII berkewajiban mengawal perjuangan NU dalam mendakwahkan Islam ala Ahlussunnah Waljamaah. Menurut Dewan Ahli PC ISNU Sidoarjo Masa Khidmat 2016-2020 itu, tidak ada cara ber-Islam sebagus di Indonesia.

Sebab, dalam berIslam, nuslim di Indonesia tidak menghilangkan local wisdom. Inilah yang menjadi tantangan PMII saat ini, upaya menghilangkan kearifan lokal dengan dalih tidak diajarkan dalam Islam.

Guru Besar Sosiologi Uinsa itu membagi kearifan lokal menjadi dua macam, pertama berupa Artefak atau benda simbol keagamaan seperti sarung, songkok, beduk hingga kentongan di masjid atau musholla. Kedua, berupa ideofak, atau pemikiran dan amaliah keagamaan seperti tahlilan, yasinan dan lain lain.

Karena itu sinergi antara komponen lain seperti ISNU dalam memperkokoh local wisdom sangat diperlukan. Pertalian antara kelompok pergerakan dengan intelektual jika digabung akan menjadi kekuatan dalam menjaga keutuhan NKRI.

Acara tersebut di hadiri oleh Gus Wawan ( Ketua DPRD Kab Sidoarjo) Fatihul Faizin (Ketua IKAPMII Sidoarjo) Sholehuddin (ketua ISNU Sidoarjo ) Mabincab, KARTAR Kab Sidoarjo. IPNU IPPNU Sidoarjo serta OKP yg lain. Dan semua kader PMII se Sidoarjo. (Anwari)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Comments

comments