Hari Raya Idul Adha dan Refleksi Kemerdekaan Indonesia

26

Indonesia hadir dari gema Takbir “Allahu Akbar” para pahlawan yang berani berkorban nyawa untuk merdekanya sebuah Negara.

Saat Idul Adha, umat Islam diingatkan kembali pada suatu sikap iman keluarga Ibrahim. Maka tepat kiranya jika Idul Adha ini adalah Hari Raya Ibrahim.

Subhanallah, Idul Adha ini menegaskan bahwa Islam adalah agama yang mengimani semua Nabiyullah. Tidak hanya mengimani Pembawa risalah agamanya saja.

Peristiwa pengorbanan keluarga Ibrahim adalah bentuk iman, ilmu, dan amal yang terpatri pada jiwa setiap muslim. Hal itulah yang diimani oleh para pahlawan kita yang bersedia berkorban nyawa sendiri dan keluarganya demi kemerdekaan Indonesia.

Betapa para Pahlawan kemerdekaan kita menghayati peristiwa Idul Adha secara kaffah demi lahirnya suatu negara kesatuan yang bernama Indonesia.

Maka Indonesia lahir dari bentuk keteguhan iman dan Islam para pejuangnya yang mencitakan kemerdekaan atas kalimat ‘Allaaahhhu Akbar’..

Lantas alasan apalagi para generasi penerus tega membenci dan memusuhi Indonesia? Bahkan ingin membubarkan Indonesia untuk diganti menjadi Khilafah (negara transnasional). Perjuangan kemerdekaan Indonesia tentu berbeda dengan Malaysia, Saudi Arabia, Turki, Iran, dan lain-lain.

Apa masih ada alasan sebagai generasi penerus mengatakan bahwa Indonesia adalah negara kafir dan thaghut? Kita memang perlu mengingat dan menghikmahi kembali peristiwa Idul Adha dan para Pejuang kemerdekaan Indonesia sebagai satu kesatuan iman yang utuh.

Negara Indonesia adalah bukti nyata pengorbanan yang dilandasi iman yang lurus dan benar.

Hadir untuk memenuhi tugas mulia “hablumminallah, wa ahablummninannas”.. karena Takbir yang digemakan untuk kemerdekaan Indonesia juga untuk memberikan kebebasan umat agama lain untuk bersama membangun dan mencintai Indonesia.

Maka bela negara atau ‘hizbul wathon’ adalah bentuk iman sebagai umat Islam dan warga negara Indonesia. Sehingga ikrar Hubbul Wathon minal Iman memang benar adanya dan harus meresap kedalam sanubari setiap umat manusia yang tinggal di Negara Indonesia dan mengakui Indonesia sebagai Ibu Pertiwi yang wajib di cintai.

SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1438 H
BAHAGIA INDONESIA, MERDEKA…!!!

Aziz ian
Kader GP Ansor Kabupaten Bogor

Comments

comments